Wednesday, 14 November 2018

Cara Menghapus Halaman Home screen android HP Xiaomi yang Kosong

Blogiseng.web.id - Hp android xiaomi memang sedikit berbeda dengan hp android kebanyakan, terutama yang berkaitan dengan pengaturan atau settings sumber daya pengguna. salah satu pengaturan yang berbeda adalah cara menghapus dan menambahkan halaman home screen pada hp xiaomi.
Penyebab utamanya adalah karena sistem android yang digunakan oleh xiaomi sudah mengalami banyak sekali modifikasi, bahkan kabarnya sistem android yang digunakan xiaomi dikembangkan sendiri oleh team xiaomi, sehingga walaupun xiaomi masih menggunakan sistem operasi android, namun pengaturan dan pengoperasiannya sedikit berbeda dengan hp android kebanyakan.
Di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara menambahkan widget android di hp xiaomi, seperti widget pencarian google, widget calendar dan widget lainnya, di artikel kali ini saya akan mencoba menguraikan cara menghapus halaman pada home screen di hp xioami.

Halaman di home screen adalah halaman utama hp xiaomi anda yang biasanya berisi menu-menu aplikasi dan juga widget-widget yang anda tambahkan, j jumlah halaman di hp xiaomi biasanya akan menyesuaikan dengan jumlah menu dan widget yang anda pasang, biasanya semakin banyak jumlah menu dan widget yang ditambahkan, maka halamanpun secara otomatis bertambah. Anda bisa melakukan scroll ke kiri dan ke kanan untuk menampilkan setiap halaman di homescreen tersebut.
Sayangnya jika kita menghapus sebagian menu atau widget yang menyebabkan halaman kosong, halaman tersebut tidak terhapus secara otomatis walaupun tidak mengandung menu atau widget di dalamnya, tentunya jika dibiarkan sedikit kurang nyaman, karena halaman menjadi banyak namun hanya halaman kosong tidak terdapat menu apapun.
Oleh karena itu jika kita menginginkan menghilangkan halaman home screen yang kosong tersebut, maka terpaksa kita harus menghapusnya secara manual.

Baca Juga:

5 Tips mengatasi HP Android Xaioami tidak bisa menerima panggilan telepon


Cara Menghapus Home screen android di HP Xiaomi 

Cara menghapus halaman kosong di home screen hp xiaomi sebenarnya sangatlah mudah, caranya tidak jauh berbeda ketika anda melakukan pengaturan halaman seperti untuk menambahkan/menghapus widget di xiaomi,  mengatur efek gulir halaman, memilih tema dan memilih walpaper. pengaturannya mudah karena cukup hanya beberapa langkah saja.
Tapi sayangnya walaupun mudah masih banyak pengguna xiaomi yang kebingungan mengenai caranya, terutama pemula yang baru sekali berinteraksi dengan xiaomi, berhubung caranya memang sedikit disembunyikan.
Untuk anda yang kebetulan ingin menghapus halaman kosong di home screen xiaomi, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Aktifkan HP xiaomi anda
2. Pada halaman utama (home screen) arahkan jari anda area kosong atau halaman kosong  yang tidak ditempati menu.
3. Tap dan tahan jari anda beberapa detik, anda akan masuk ke halaman pengaturan menu khusus xiaomi, dan juga sekaligus dapat digunakan untuk mengatur (hapus/menambahkan) halaman xiaomi anda.
4. di halaman pengarturan tersebut anda juga akan melihat thumnail halaman-halaman homescreen xiaomi anda, silahkan scroll ke kiri dan ke kanan, lalu pilih halalaman yang ingin anda hapus selain halaman bergambar  +, karena itu untuk menambahkan halaman baru.
di xiaomi redmi note 3 dan 4 dengan miui 8, anda hanya bisa menghapus halaman kosong saja, namun di hp xiaomi versi lawas, anda bahkan bisa menghapus halaman berisi menu.
5. Cara Hapus halaman
Untuk xiaomi dengan miui 8 (ex: redmi note 3 dan 4), pada halaman pengaturan tersebut, silahkan scroll ke kiri dan ke kanan lalu arahkan pada halaman kosong, lalu tekan saja tombol x pada halaman tersebut untuk menghapusnya, seperti terlihat di gambar di bawah ini:
Cara menghapus halaman homescreen xiaomi redmi note 3 & 4
Untuk versi xiaomi lawas
Sedangkan untuk xiaomi versi sebelumnya yang menggunakan miui selain versi 8, scroll ke kiri atau ke kanan, silahkan pilih halaman yang ingin dihapus.
Cara menghapus halaman homescreen hp xiaomi

Lalu pada thumbnail halaman yang ingin dihapus, klik dan tahan beberapa detik hingga muncul icon tong sampah di bagian atasnya, setelah icon tongsampah muncul, drag thumbnail halaman tersebut ke arah tong sampah lalu lepas. halamanpun akan terhapus. Jika halaman yang dihapus terdapat menu atau widget yang masih terpasang, maka menu dan widget tersebut akan ikut terhapus.
Langkah langkah di atas pernah saya coba di hp xiaomi redmi note 4, xioami redmi note 3 xiaomi redmi 2. dan langkah-langkahnya tidak jauh berbeda,  dan sepertinya cara yang sama bisa juga anda gunakan untuk versi xiaomi lainnya.
Demikian langkah mudah menghapus halaman di home screen xiaomi, bagaimana mudah bukan !, selamat mencoba.


EmoticonEmoticon