Solusi HP Menelpon Tidak Ada Suara

Blogiseng.web.id - Menelpon Tidak Ada Suara - Bagaimana cara mengatasi hp android menelpon tidak ada suara ? Tentu diantara kita pernah mengalami kejadian dimana suara hp tiba tiba hilang saat digunakan untuk menelpon, baik itu menggunakan suatu ponsel berbasis android, iOS maupun windows phone. Tidak adanya suara saat telepon juga terbagi menjadi dua, dimana suara lawan bicara tidak terdengar di handphone yang kita miliki dan lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita pada ponselnya tersebut. Disini kami akan mencoba memberikan informasi jika masalah komunikasi saat menelpon tersebut terjadi pada sebuah smartphone android.
Hp android yang rusak tidak bisa digunakan untuk menelpon ini tentu akan menjadi suatu penghambat pada aktivitas keseharian kita. Adanya kerusakan pada speaker hp dari orang yang kita telpon maupun sebaliknya juga dapat membuat suara kita tidak terdengar saat menelpon hanyalah salah satu penyebab masalah hp android tidak ada suara saat menelpon. Lantas kenapa saat nelpon, suara saya tidak bisa didengar oleh orang menerima telepon ataupun sebaliknya dimana kita juga tidak bisa mendengar suara penelepon tersebut ? Saran dari kami, apabila kita sedang berkeringat saat menerima panggilan masuk alangkah lebih baiknya jika kita mengusapnya terlebih dahulu supaya keringat tidak mengenai microphone.

Baca Juga:

2 Penyebab Notifikasi Whatsapp (WA) tidak muncul di hp xiaomi


Hal tersebut dapat berpengaruh pada ponsel yang akan menyebabkan kerusakan yang berakibat suara tidak dapat didengar oleh penerima telpon. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba memberikan solusi pada hp android yang saat menerima panggilan masuk ataupun melakukan panggilan keluar suara tidak terdengar. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara memperbaiki tidak bisa mendengar suara penelepon di hp android berikut ini.
cara mengatasi tidak ada suara saat menelpon di android

Selain kerusakan pada speaker ponsel android ternyata masih terdapat beberapa penyebab yang membuat handphone saat menelepon tidak ada suara, diantaranya seperti microphone pada smartphone kotor atau rusak serta adanya kemungkinan software hp android yang error. Kerusakan microphone pada ponsel menyebabkan suara kita tidak dapat didengar oleh lawan bicara namun apabila suara hp tiba tiba hilang saat menerima panggilan masuk bisa terjadi karena adanya kerusakan pada speaker hp tersebut.Apabila kita melihat posisi microphone pada ponsel selalu terdapat lobang kecil yang berguna untuk mengantarkan suara ke microphone dengan baik justru malah menjadi salah satu penyebab hp tidak bisa dengar lawan bicara. Hal ini dikarenakan terdapatnya kemungkinan masuknya air ke dalam bodi ponsel android melalui lubang tersebut yang membuat kerusakan pada microphone.
Akan tetapi jika kita mencoba mengatasi masalah tidak ada suara saat melakukan panggilan menggunakan hp android dengan cara mengganti speaker dan microphone namun masih saja tidak ada suara saat menelpon, maka kemungkinan terakhir hilangnya suara saat telpon ada pada jalur microphone. Hal ini dikarenakan jalur microphone yang terputus dapat membuat microphone pada ponsel tidak dapat berfungsi dengan normal sehingga suara tidak dapat didengar oleh lawan bicara saat melakukan panggilan.

Cara mengatasi tidak ada suara saat menelpon di ponsel android


Oleh karena itu pada ulasan di bawah ini kami akan mencoba memberikan cara mengatasi hp android tidak bisa buat telepon yang dapat kita lakukan sendiri dengan mudah. Langkah - langkah untuk memeriksanya dapat kita lakukan sebagai berikut : 1. Coba telepon orang lain
  • Coba gunakan untuk menelpon orang lain adalah salah satu cara memperbaiki saat menelepon tidak ada suara di handphone android. Apabila dengan menelpon orang lain komunikasi kita dapat berjalan dengan lancar maka dapat dipastikan penyebab suara penelpon tidak terdengar adalah kerusakan pada microphone ponselnya tersebut.

2. Restart hp android
  • Apabila dengan cara pertama sudah kita lakukan namun masih saja saat menelpon tidak ada suara maka sumber permasalahannya ada pada perangkat android yang kita miliki sendiri. Untuk itu cobalah untuk merestart smartphone android yang kita miliki tersebut terlebih dahulu karena sering kali cara ini bisa berhasil dalam mengatasi masalah tidak ada suara saat menelpon.

3. Factory Reset
  • Cara Mengatasi Menelpon Tidak Ada Suara yang ketiga adalah dengan cara mereset pabrik smartphone yang kita miliki. Tapi jangan lupa cadangkan dulu semua data-data karena smartphone akan kembali ke setelah awal kita membeli. Untuk melakukan reset pabrik dapat kita lakukan dengan cara buka pengaturan >> security dan pilih Backup dan Reset. Tunggu hingga proses selesai. Jika sudah sudah selesai langsung coba untuk menelpon kembali.

4. Bersihkan microphone atau lubang jack headset hp androidDalam membersihkan microphone handphone kali ini ada beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan, diantaranya seperti :

  • Pastikan solderan atau kabel tidak terputus dan bersihkan dengan pelan jangan sampai tambah rusak.
  • Bersihkan juga lubang jack headset dengan benda seperti kayu atau benda kecil lainnya asal jangan jarum karena bisa merusak bagian penting di dalam jack tersebut.

Tips TambahanJika dengan cara di atas masalah tidak ada suara saat menelpon masih saja kita alami dan belum teratasi, maka di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips tambahan yang perlu untuk kita pastikan sekali lagi untuk mengetahui penyebab lawan bicara tidak bisa mendengar suara kita saat sedang menelpon tersebut.
Cara memperbaiki saat nelpon suara tidak dapat didengar oleh penerima telepon kali ini kami ambil secara umum, dengan harapan solusi dari masalah tidak ada suara saat menelpon ini dapat di aplikasikan pada semua tipe smartphone android seperti hp xiaomi, hp asus zenfone, hp lenovo, vivo smartphone, oppo smartphone dan juga hp android samsung.
Untuk hp android yang tidak ada suara saat menelpon dapat kita coba mengatasinya dengan langkah - langkah sebagai berikut :
1. Coba Telepon Service Center
2. Hapus Data Pada Aplikasi Ponsel
Berikut langkah - langkah untuk menghapus data aplikasi ponsel :
  • Pertama masuk ke setelan (settings) yang bergambar ikon gerigi
  • Setelah itu cari menu apl (apps)
  • Kemudian di sana pilih menu semua (all)
  • Lalu carilah aplikasi ponsel dan aplikasi tempat penyimpanan ponsel / sms 
  • Setelah ketemu, kita tinggal pilih hapus data

3. Coba Telepon Menggunakan Aplikasi Langkah ini perlu untuk kita lakukan dengan maksud memastikan kerusakan berasal dari perangkat ponsel yang kita miliki atau software perangkat tersebut. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita mencoba menelpon menggunakan aplikasi seperti Whatsapp atau semacamnya.
4. Cek Dengan SMMI test
Langkah kali ini sering kali dilakukan apabila masalah tidak ada suara saat menelpon diikuti dengan no imei hilang. Dan biasanya masalah ini terjadi ketika kita baru saja melakukan update os android yang kita miliki. Untuk itu kita perlu melakukan pengecekan dengan menggunakan "SMMS Test" yang dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  1. Masuk ke aplikasi kalkulator
  2. Kemudian ketik ".12345+="  lalu pilih single test dan pilih mic test
  3. Setelah itu akan muncul notifikasi "PASS" atau "FAILED"
  4. Jika kita mendapat notifikasi "PASS" maka kemungkinan problem dari firmware dan apabila "FAILED" maka kemungkinan sumber permasalahannya berasal dari hardware microphone atau receiver smartphone tersebut


Update :
Suara lawan bicara tidak terdengar di hp android


  1. Pastikan lubang di casing untuk earphone bersih. Adakalanya, lubang atau lapisan tersebut tertutup debu.
  2. Coba tes panggilan ke operator (misalnya, call 88 untuk telkomsel) dengan bantuan handsfree. Apabila uara terdengar di handsfree, tetapi tidak terdengar di earphone HP saat handsfree dilepas maka kerusakan  ada di jalur PWB earphone atau komponen earphone.
  3. Periksa komponen earphone dengan multimeter x1Ω. Jika terdengar suara gemesik berarti earphone masih normal. Jika suara gemersiknya kecil atau tidak ada sama sekali, gantilah earphone tersebut.
  4. Jika suara sama sekali tidak terdengar, baik dengan handsfree maupun earphone, biasanya kerusakan ada di komponen IC audio.
  5. Beberapa kasus ini disebabkan oleh data corrput / software sehingga perlu di-flashing.

Demikian langkah - langkah dalam mengatasi hp android yang tidak bisa mendengar suara saat ada panggilan masuk ataupun panggilan keluar pada kesempatan kali ini. Semoga beberapa langkah diatas dapat membuat kita menyelesaikan masalah suara hilang total saat menelpon di android, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Solusi HP Menelpon Tidak Ada Suara"