Sunday, 21 October 2018

Cara Praktis atasi masalah autentifikasi Wifi di hp android (all version)

Blogiseng.web.id - Cara Praktis atasi masalah autentifiksi Wifi di hp android (all version) - HP android adalah hp serbaguna yang saat ini banyak digemari, selain untuk kebutuhan berkomunikasi, dan juga untuk multimedia, hp android juga saat ini sudah difasilitasi dengan fitur internetan, melalui fitur ini setiap pengguna hp android bisa berselancar di internet atau browsing menggunakan hp android miliknya.
Di HP android untuk terhubung ke internet ada 2 cara yang bisa anda tempuh, menggunakan kartu seluler internet dan menggunakan jaringan WI-FI (wireless tanpa kabel), untuk terhubung ke internet melalui kartu seluler, kartu harus aktif dan sudah memiliki quota untuk berinternet, sedangkan untuk terhubung ke jaringan wifi, di sekitar hp harus sudah tersedia jaringan wifi yang di share secara publik.

Yang paling murah, cepat dan tidak perlu biaya tentu saja internetan menggunakan jaringan WI-FI, baik wifi speedy, radnet, maupun hotspot wifi dari perangkat hp lainnya. Sayangnya tidak semua wifi yang ada di sekitar anda bisa digunakan untuk berinternet, karena WIFI biasanya selalu dilengkapi dengan kata kunci atau password, jadi untuk terhubung ke wifi, anda harus mengtahui passwordnya, jika tidak, maka walaupun wifi dapat terdeteksi oleh perangkat, perangkat anda tidak akan mau terhubung ke internet.
Ada satu masalah yang sering sekali dialami oleh kebanyakan pengguna hp android ketika ingin menghubungkan hape miliknya ke jaringan WIFI, hpnya tidak mau terhubung ke jaringan wifi dengan pesan "Masalah autentifikasi WIFI" apa yang sebenarnya terjadi ?, untuk mengetahui solusi cara mengatasinya setidaknya anda harus tau dulu apa penyebab masalah tersebut.

Penyebab Munculnya masalah autentifikasi wifi pada hp androd?

Ada beberapa penyebab kenapa hp android anda tidak bisa terhubung ke wifi,dengan pesan Masalah autentifikasi wifi, padahal jaringan wifi tersebut sudah terdeteksi oleh perangkat dan bahkan anda sebelumnya sudah pernah menggunakan jaringan wifi tersebut dengan password yang sudah anda ketahui.
Kemungkinan besar penyebabnya adalah sebagai berikut:

1.  Admin jaringan mengganti password WIFI tersebut.
Ingat bahwa untuk menghubungkan ke perangkat wifi biasnya harus menggunakan password, password yang dimasukan juga harus benar sesuai yang diseting di wifi tersbut, jika perangkat anda mengalami masalah autentifikasi wifi dan tidak mau terhubung ke jaringan wifi, maka kemungkinan besar password wifi sudah diganti oleh admin yang berwenang mengelola jaringan tersebut.

2. Jumlah User wifi di batasi
Yang kedua yang mungkin bisa terjadi ketika perangkat tidak mau terhubung ke wifi dengan pesan masalah autentifikasi wifi dikarenakan jumlah pengguna untuk perangkat wifi tersebut dibatasi. Jika batas pengguna sudah limit, maka jika ada pengguna baru mau masuk akan ditolak, walaupun jaringan wifi terdeteksi oleh perangkat dan terhubung, tetap tidak akan bisa menikmati fasiltias internet yang dishare oleh perangkat wifi tersebut.

Baca Juga:

#4 Cara menonaktifkan aplikasi Whatsapp (WA) di hp android tanpa root




3.  Mac Address HP android Anda diblokir
Yang ketiga kemungkinan besar adalah mc address hp anda di blokir, mc address adalah kode unik yang dimiliki oleh setiap perangkat jaringan . Perangkat wifi memungkinan untuk memblokir mc address yang dimiliki oleh setiap perangkat yang terhubung baik itu komputer maupun perangkat mobile seperti ponsel. jika mc address diblokir oleh admin wifi maka sampai kapanpun anda tidak akan pernah bisa menggunakan wifi tersebut, walaupun password wifi yang anda masukan benar.

4. Anda salah memasukan password wifi
Untuk terkoneksi ke wifi anda akan diminta untuk memasukan password, jika password salah maka anda tidak akan bisa terhubung ke wifi tersebut. jadi jika perangkat anda tidak mau terhubung ke wifi kemungkinan password yang anda masukan salah (pastikan besar kecil huruf sesuai)

5. Perangkat wifi anda rusak
Kemungkinan terakhir adalah perangkat wifi pada hp android anda rusak, ada banyak sekali penyebab kenapa perangkat wifi pada perangkat hp bisa rusak baik rusak secara software maupun hardware, rusak secara software bisa terjadi karena anda melakukan modifikasi sistem android anda secara sembarangan atau karena virus, dan secara hardware bisa terjadi salah satunya karena hp anda banyak terbentur, terjatuh maupun anda lempar dengan sengaja ke lantai karena kesal diputus pacar xixi...

Cara Praktis atasi masalah autentifiksi Wifi hp android (all version)

Jika anda sudah mengenal masalahnya, maka akan mudah mendapatkan solusinya, untuk mengatasi gagal koneksi wifi karena masalah autentifikasi, anda bisa mencoba beberapa solusi yang akan saya uraikan di bawah ini.Oh ya solusi ini bisa anda terapkan untuk semua hp android baik oppo, assus, samsung, xiaomi , advance dan merek hp android lainnya, karena untuk sistem operasi android setiap merk hp tidak jauh berbeda pengaturannya. dan juga solusi ini bisa anda terapkan tanpa melihat sumber jaringan wifi, baik dari speedy maupun sumber wifi lainnya.
Cara mengatasi masalah autentifikasi adalah sebagai berikut:


Screen shoot pada contoh gambar di ambil dari hp xiaomi, di hp anda non xiaomi kemungkinan tampilannya sedikit berbeda.
 

1. Seting ulang data autentifikasi wifi hp android anda.

Jika perangkat anda sudah dapat mendeteksi keberadaan wifi, namun masih muncul pesan masalah autentifikasi, maka langkah yang bisa anda tempuh adalah melakukan seting ulang data login untuk wifi anda. Langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Cara praktis, silahkan tarik header status di hp anda ke bawah, lalu klik dan tahan pada ikon wi-fi, anda akan masuk langsung ke pengaturan wifi.
atau
Masuk ke menu setelan / settings > wi-fi,  lalu di halaman pengaturan wi-fi, klik pada opsi lanjutan di sampiang nama jaringan wifi yang bermasalah.
mengatasi wifi masalah autentifikasi
SS xiaomi

b. Pada halaman pengaturan berikutnya, tekan saja tombol lupakan jaringan / Forget Network, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Dengan menekan tombol lupakan jaringan / Forget Network akan membuat password untuk jaringan wifi tersebut yang telah tersimpan sebelumnya terhapus, sehingga ketika hp dihubungkan kembali ke wifi yang sama, perangkat akan meminta anda untuk memasukan password lagi.

c. Kembali ke halaman pengaturan wi-fi, klik pada nama jaringan wifi sebelumnya,bertuliskan "Diamankan dengan WPA 2 (WPS tersedia).
autentifikasi ulang jaringan wifi android

Dengan menekan menu tersebut, maka perangkat akan meminta anda memasukan ulang sandi wifi, silahkan anda masukan dan pastikan bahwa password wifi yang dimasukan benar dan sesuai. silahkan tunggu perangkat melalukan proses mengautentifikasi...., jika berhasil maka akan muncul tulisan status "Terhubung"Tapi kok kenapa masih tidak bisa terhubung?
Jika masih tidak terhubung dengan pesan yang sama yaitu masalah autentifikasi, kemungkinan besar password yang anda masukan salah, silahkan tanyakan pada administrator jaringan wifi tersebut, barangkali passwordnya sudah diganti, dan pastikan anda mengetikan passwordnya dengan benar.

Untuk memastikan anda bisa matikan jaringan perangkat wifi kemudian hidupkan ulang, lalu di di hp android anda juga silahkan matikan dulu koneksi wifi lalu hidupkan ulang, perangkat hp akan mencari wifi aktif disekitarnya, jika nama wifi sudah terdeteksi, silahkan lalukan kembali langkah-langkah di atas.
Kebanyakan jika pesan yang muncul masalah autentifikasi, biasanya penyebab utamanya password yang tersimpan di pengaturan wifi sebelumnya salah karena password wifi telah diganti. saya juga sering mengalaminya, namun dengan langkah-langkah di atas permasalahan sudah dapat di atasi dengan baik, semoga juga bekerja di perangkat android anda.
Jadi sebelum melakukan langkah di atas, pastikan perangkat wifi dalam keadaan baik, jumlah user yang terkoneksi ke wifi belum limit, hp android anda tidak diblokir dan juga password yang anda masukan benar.
Demikian artikel singkat mengenai Cara Praktis atasi masalah autentifiksi Wifi di hp android (all version), semoga membantu.


EmoticonEmoticon