Sunday, 28 October 2018

Cara Mengatasi Touchscreen Meleset Bergerak Ngaco Di HP Android

Blogiseng.web.id - Touchscreen hp android - Bagaimanakan 7 cara mengatasi touchscreen hp android meleset saat di sentuh ? Mungkin jika melihat judul postingan kami kali ini tentu kita akan bertanya akan maksud dari masalah touchscreen hp bergerak sendiri (melesat) di ponsel android yang kita miliki tersebut. Touch screen melesat di hp android ini merupakan suatu kondisi touchscreen hp android error yang mana akan bergerak liar saat layar sentuh / lcd ponsel android kita sentuh. Gerakan loncat - loncat yang ngaco pada touchscreen ponsel android tersebut tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita ketika sedang menggunakan smartphone.

Perlu untuk kita ketahui bahwa banyak sekali faktor yang menjadikan penyebab touchscreen android yang tidak berfungsi tersebut. Mulai dari adanya kerusakan software dan bahkan kerusakan hardware akan mengakibatkan terjadinya masalah touchscreen ponsel android tidak bisa disentuh tersebut. Lantas jika terjadi demikian bagaimana cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon terhadap sentuhan di smartphone android yang kita miliki tersebut ? Apapun faktor penyebabnya, kita tentu harus segera mengatasi masalah touchscreen bergerak sendiri di hp android tersebut.

Baca Juga:

Cara Mengatasi Sayangnya ZenUI Launcher telah berhenti di hp asus zenfone


Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini, Smartphone Solution akan mencoba memberikan 7 cara mengatasi touchscreen hp android yang error karena bergerak liar saat di sentuh tersebut. 7 cara memperbaiki layar sentuh yang tidak berfungsi sama sekali ini kami dapatkan dari penyebab yang umumnya terjadi selama ini. Dengan harapan, 7 cara mengatasi touchscreen hp android yang meleset ini dapat digunakan pada semua tipe smartphone seperti hp android xiaomi, asus, lenovo, lg, oppo smartphone, vivo dan juga hp samsung yang sedang mengalami masalah tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai 7 cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh di bawah ini.
cara mengatasi touchscreen meleset

Meskipun merupakan suatu langkah dasar untuk memperbaiki touchscreen hp android yang bergerak ngaco, cara kali ini juga dapat kita aplikasikan pada semua masalah touchscreen lcd yang error seperti Touchscreen error sebagian, Touchscreen error kena air, Touchscreen tidak bisa disentuh, Touchscreen meleset (tidak akurat), Touchscreen bergerak sendiri, dan juga Layar sentuh tidak merespon. Mari langsung saja kita ulas lebih dalam lagi mengenai cara memperbaiki touchscreen loncat loncat di bawah ini.

Cara memperbaiki layar sentuh tidak merespon


1. Restart HP Android
Cara pertama yang paling mudah untuk kita lakukan dalam mengatasi masalah touchscreen hp android yang error tersebut adalah dengan merestart smartphone android yang kita miliki. Hal ini dikarenakan penggunaan yang sudah cukup lama dapat membuat touchscreen smartphone android menjadi error bergerak sendiri tersebut.

2. Kalibrasi Touchscreen
Jika touchscreen hp android yang kita miliki tidak merespon sentuhan saat di sentuh sehingga touchscreen menjadi tidak akurat maka melakukan kalibrasi touchscreen hp android adalah hal perlu untuk kita lakukan. Untuk melakukan kalibrasi layar sentuh hp android agar kembali akurat saat disentuh kita dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti sebagai berikut :
  • Screen Repair and Calibrator
  • Display Calibrator
  • Touchscreen perbaikan
  • Display Calibration

Dengan mengikuti panduan setelah kita menginstall aplikasi di atas maka kita dapat melakukan kalibrasi layar sentuh yang bergerak sendiri di hp android.
 
3. Nonaktifkan Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang
Perlu untuk kita ketahui bahwa masalah layar sentuh hp android yang tidak merespon jika disentuh tersebut dapat dikarenakan hang pada beberapa aplikasi. Hal ini biasanya disebabkan karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan sehingga diperlukan penggunaan RAM yang cukup besar. Maka dari itu kita perlu mencoba menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang hp android untuk mengatasi touchscreen bergerak sendiri tersebut.
Untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang hp android tersebut dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut ini :
  • Buka Setelan >> Aplikasi >> Pilih aplikasi yang diinginkan >> Hentikan aplikasi

4. Nonaktifkan Smartphone Beberapa Saat
Mengistirahatkan smartphone android dalam beberapa saat adalah salah satu cara yang perlu untuk kita lakukan guna memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh tersebut. Hal ini bertujuan untuk melakukan refresh pada smartphone android yang mungkin terjadinya error pada software perangkat android tersebut. Maka dari itu matikan ponsel android selama beberapa saat dan jangan lupa untuk melepas juga baterai, kartu sim dan juga kartu memori (micro sd).

5. Factory Reset
Jika semua cara di atas sudah kita lakukan namun juga belum dapat membuahkan hasil seperti yang kita harapkan maka Factory Reset adalah langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan. Factory Reset merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi beberapa masalah di hp android seperti hp android stuck di logo, sering mati sendiri ataupun masalah layar sentuh bergerak ngaco di hp android yang kita miliki tersebut.
Namun kami ingatkan sekali lagi, sebelum kita melakukan reset ke pengaturan awal tersebut alangkah lebih baiknya jika kita melakukan backup semua data yang ada pada ponsel android yang kita miliki tersebut.

6. Update OS
Yang perlu untuk kami tekankan disini, jika kita akan memperbarui versi hp android maka pastikan software yang akan kita gunakan harus benar - benar sesuai dengan smartphone yang kita miliki. Hal ini dikarenakan jika software tidak sesuai dengan ponsel android yang kita miliki tersebut justru akan membuat masalah malah bertambah.

7. Ganti Touchscreen
Jika dari semua cara di atas belum juga memberikan hasil yang seperti yang kita harapkan maka terdapat kemungkinan layar sentuh hp android yang bergerak liar tersebut terjadi karena adanya kerusakan pada hardware smartphone itu sendiri. Oleh karena itu jika memang terjadi seperti itu, maka langkah terakhir untuk memperbaiki touchscreen meleset di hp android adalah dengan mengganti touchscreen smartphone android tersebut.
Melihat semua cara diatas tentu touchscreen hp android yang error merupakan masalah yang sangatlah menganggu dan akan menghabiskan banyak biaya apabila harus dilakukan penggantian part. Oleh karena itu di bawah ini akan kami berikan beberapa tips untuk merawat layar sentuh hp android agar tahan lama / awet tidak cepat rusak.
Tips supaya touchscreen hp android tidak cepat rusak
  1. Biasakan untuk menggunakan Charger Original
  2. Jangan menggunakan smartphone android ketika sedang di cas
  3. Hindari untuk penggunaan Powerbank yang terlalu sering
  4. Jangan gunakan smartphone di bawah cahaya matahari langsung
  5. Saat layar sentuh hp android terasa panas alangkah lebih baiknya jika kita menghentikan penggunaan sementara waktu

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang mengatasi touchscreen hp android yang melompat. Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon