Saturday, 27 October 2018

Cara Mengatasi Panggilan Berakhir Di HP Xiaomi

Blogiseng.web.id - HP xiaomi tidak bisa nelpon - Bagaimana 5 cara mengatasi panggilan berakhir di hp android xiaomi ? Bagi para pengguna hp android, khususnya xiaomi tentu pernah mengalamai masalah dimana hp xiaomi tidak bisa melakukan panggilan keluar atau menelepon. Kondisi dimana xiaomi 4x tidak bisa melakukan panggilan ini terjadi panggilan selalu berakhir secara tiba - tiba padahal pulsa ataupun sinyal di hp xiaomi tersebut masih tersedia. Selain panggilan yang langsung berakhir di hp xiaomi ini, saat kita mencoba telepon menggunakan sim 1 selalu berhenti dan dialihkan ke sim 2.
Tentu kita akan kebingungan ketika hp xiaomi tidak bisa telepon atau menerima panggilan baik itu panggilan keluar dan juga panggilan masuk. Sebenarnya masalah hp xiaomi mendadak terputus saat telepon ini juga sering kali dialami oleh beberapa merk smartphone android lainnya seperti hp nokia, samsung, asus, oppo smartphone ataupun ponsel android lainnya. Lantas apa yang menjadi penyebab tidak bisa nelpon di hp xiaomi yang kita miliki tersebut ? Apapun itu penyebabnya, masalah hp xiaomi yang tidak bisa melakukan panggilan ini perlu untuk segera kita atasi sebelum semakin parah hp langsung mati ketika digunakan untuk menelepon.

Baca Juga:

Penyebab Baterai HP Dicharge (dicas) lama tapi Malah berkurang


Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Smartphone Solution akan mencoba memberikan 5 cara memperbaiki hp xiaomi yang tidak bisa melakukan panggilan telpon. Perlu untuk kita ketahui bahwa masalah panggilan berakhir di hp xiaomi ini seringkali disebabkan oleh kesalahan pengaturan kartu, FDN yang belum dinonaktifkan ataupun bugs pada sistem xiaomi yang digunakan. Jadi jika hp xiaomi yang kita miliki selalu berhenti dan dialihkan ke sim 2 saat melakukan panggilan atau nelpon maka kita perlu mencurigai beberapa penyebab tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai 5 cara mengaktifkan panggilan pada hp xiaomi yang tidak berfungsi di bawah ini.

5 Cara Mengatasi Panggilan Berakhir Dan Dialihkan Di HP Xiaomi

cara mengatasi panggilan berakhir di xiaomi

Sebelum kita melakukan pengaturan setelan bawaan panggilan xiaomi terlalu jauh, alangkah lebih baiknya kita mencari tahu penyebab utama yang mengakibatkan hp xiaomi selalu dialihkan ke sim 2 saat telepon tersebut. Berikut ini akan kami berikan 5 cara mengatasi panggilan berakhir di hp xiaomi yang perlu untuk kita coba, diantaranya adalah :

Cara mengatasi hp xiaomi tidak bisa digunakan untuk telepon


Jaringan kartu di hp xiaomi terkunci pada mode 4G LTE OnlyPerlu untuk kita ketahui bahwa pengaturan jaringan yang di kunci pada jaringan 4G LTE only seringkali malah membuat hp xiaomi tidak dapat melakukan panggilan. Hal ini dikarenakan jaringan 4G lte only hanya dapat digunakan untuk internetan dengan jaringan 4G sehingga akan membuat kartu tersebut tidak akan bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon.
Untuk mengatasi panggilan yang selalu berakhir tiba - tiba di hp xiaomi karena pengaturan jaringan tersebut, dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut ini :
1. Buka HP Xiaomi yang kita miliki lalu pilih menu settings / setelan
2. Setelah itu pada halaman settings, pilih menu about ponsel / tentang ponsel
3. Ketuk 5 kali bertutur - turut pada menu Internal memory / Penyimpanan Internal, maka akan keluar halaman pengujian dengan beberapa menu berikut :
  • Informasi telepon 1
  • Informasi Telepon 2
  • Info Baterai
  • Statistik penggunaan
  • Wi-Fi Information

Pilih pada informasi telepon 1 atau informasi telepon 2, sesuai dengan kartu yang sering kita gunakan untuk menelpon
4.  Pada halaman Informasi telepon, silakan kita pastikan pengaturan jaringan agar hp xiaomi dapat digunakan untuk menelpon
  • Pastikan jenis jaringan yang dipilih bukan LTE Only, agar kita dapat internetan dengan jaringan 4G dan juga bisa menerima atau melakukan panggilan
  • Silakan pilih saja opsi LTE / GSM auto (PRL) atau TD-SCDMA, GSM/WCDMA and LTE atau yang semacamnya, yang penting jangan memilih jaringan LTE Only

Nonaktifkan FDN di hp xiaomiPada dasarnya FDN atau fixed dialing number merupakan fasilitas di ponsel android yang digunakan untuk membatasi panggilan. Dimana kita hanya dapat melakukan panggilan keluar hanya pada nomor - nomor yang telah dimasukan ke menu Fixed Dialing saja dan untuk nomer yang tidak didaftarkan maka secara otomatis akan diblok supaya tidak bisa melakukan panggilan.
Jadi kita akan dapat mengetahui bahwa FDN hp xiaomi belum dinonaktifkan jika kita mendapatkan notifikasi pesan peringatan panggilan keluar dibatasi FDN ketika melakukan panggilan keluar. Berikut ini akan kami berikan langkah - langkah untuk melakukan pengaturan pada hp xiaomi untuk membuat FDN tidak aktif.
  • Pertama - tama buka panggilan telepon
  • Setelah itu tab menu icon garis tiga di sudut kiri bawah (untuk miui 8), lalu pilih menu settings / setelan bergambar roda gigi
  • atau dengan cara Buka setelan / settings > System Apps / aplikasi sistem > Call settings / pengaturan panggilan
  • Kemudian pada halaman setelan / settings pilih opsi Advanced Settings, di halaman berikutnya scroll ke bawah lalu pilih Fixed dialing numbers
  • Lalu silakan pilih kartu ponsel yang kita gunakan untuk menelpon, lalu pastikan opsi Fixed Dialing Numbers dalam keadaan nonaktif /off atau disable

Slot SIM BermasalahApabila sebelumnya kondisi kartu sim hp xiaomi dalam keadaan baik namun ketika akan digunakan untuk melakukan panggilan keluar tiba - tiba muncul pemberitahuan "service not available" dan sinyal menjadi tidak ada layanan maka penyebab hp xiaomi tidak bisa melakukan panggilan kemungkinan terjadi karena masalah pada perangkat hardware slot kartu.
Untuk melakukan perbaikan panggilan hp xiaomi yang tiba - tiba berhenti tersebut dapat kita lakukan dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  • Restart hp android
  • Apabila masih gagal, coba dengan menukarkan slot sim yang digunakan untuk menelpon sebelumnya
  • Update firmware
  • Dan jika masih sering error saat digunakan untuk telepon maka coba bedakan sim yang khusus untuk nelpon dan simcard yang digunakan untuk internetan. Pada sim yang khusus digunakan untuk telpon, kita lock jaringannya pada mode "2G only"

Nomor tujuan terblokirJika hp xiaomi yang kita gunakan masih saja tidak bisa menerima panggilan telepon atau melakukan telepon maka terdapat kemungkinan bahwa nomor telepon masuk ke dalam daftar blacklist. Untuk memastikan nomer blocklist di hp xiaomi yang kita miliki dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Pertama - tama masuk ke bagian setelan / settings
  • Setelah itu pilih opsi System apps / aplikasi sistem
  • Kemudian pilih call settings / pengaturan panggilan
  • Tap opsi Blocklist dan pastikan dalam keadaan off atau jika memang sengaja kita aktifkan, pada halaman blocklist, pilih opsi Blocked number >> setelah itu pastikan didalamnya tidak ada nomor hp yang kita maksud

ROM yang digunakan bukan ROM ResmiDan penyebab terakhir jika hp xiaomi yang kita gunakan tidak bisa buat telpon maka kita perlu untuk memastikan bugs sistem. Hal ini dikarenakan jenis rom yang digunakan oleh hp xiaomi yang kita gunakan merupakan rom distributor atau rom abal-abal maka tidak menutup kemungkinan masalah panggilan berakhir di xiaomi akan kita alami.
Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara mengatasi hp xiaomi tidak bisa menelpon tersebut. Dan jika dari semua cara di atas masih saja belum juga bisa mengatasi masalah panggilan hp xiaomi yang selalu dialihkan tersebut maka membawanya ke tempat service hp xiaomi adalah langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan., sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon