Friday, 19 October 2018

Perbedaan Rom global (global official) dan Rom cina di hp xiaomi

Blogiseng.web.id - Satu hal yang perlu anda perhatikan ketika berminat ingin membeli hp xiaomi selain garansi dan spesifikasi adalah jenis rom yang dimiliki oleh perangkat xiaomi tersebut, karena xiaomi yang beredar di pasaran indonesia terdiri dari beberapa jenis rom, yakni rom stable, rom developer dan rom distributor, ketiga rom tersebut sangat berbeda dan bisanya sangat mempengaruhi performa sistem xiaomi itu sendiri.
Sebenarnya artikel mengenai rom xiaomi pernah saya jelaskan di salah satu artikel saya yang membahas tips sebelum membeli hp xiaomi agar tidak dirugikan, di artikel tersebut saya jelaskan panjang lebar mengenai jenis-jenis rom xiaomi yang dimiliki oleh perangkat xiaomi yang beredar di indonesia.
Perbedaan rom global vs cina pada hp xiaomi redmi
Sebenarnya ada banyak sekali artikel-artikel yang menjelaskan mengenai rom xiaomi ini, namun mungkin belum tepat sasaran dan tidak sesuai dengan judul kata kunci yang diketikan oleh pengguna, mungkin saja belum anda temukan, oleh karena itu masih terkait rom xiaomi, di artikel kali ini saya akan khusus membahas mengenai perbedaan rom global dan rom cina.
Tapi sebelum saya jelaskan panjang lebar perbedaan rom global dan cina, pastikan bahwa anda sudah mengetahui bagaimana cara mengetahui jenis rom xiaomi, dengan begitu informasi ini akan banyak memberikan anda pengetahuan baru terkait rom xiaomi.

Perbedaan Rom global dan Rom cina di hp xiaomi

Perlu anda ketahui bahwa yang disebut dengan rom global merupakan rom Resmi dari xiaomi, disebut juga sebagai rom stable atau rom global official , rom ini resmi dikeluarkan oleh pabrikan xiaomi, sedangkan yang disebut dengan rom cina ada 2 kemungkinan bisa rom resmi  yaitu rom official cina (stable cina) atau rom developer cina. keduanya berbeda.
 
Baca Juga:

1. Rom Glolab

Rom global adalah rom resmi dari xiaomi, orang banyak menyebutnya juga sebagai rom stable global atau ada juga yang menyebutnya dengan rom global official, sama saja. ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

a. Ada pilihan bahasa indonesia
 Rom ini merupakan rom yang diperuntukan untuk pasar international, sehingga tidak heran di dalamnya sudah tersedia pilihan bahasa dunia termasuk indonesia jadi rom ini sangat cocok untuk orang indonesia yang ingin memiliki xiaomi.

b. Sudah terinstal google play store
Selain itu rom ini juga didalamnya sudah terinstal google play store dan aplikasi pendukung lainnya dari google.

c. Bisa update via ota
Di setiap hp xiaomi sebenarnya sudah terinstal aplikasi updater yang dapat digunakan untuk mengecek update dan juga melakukan instalasi update, rom global sudah bisa melakukan update via OTA (On the air) cukup praktis untuk melakukan update xiaomi terbaru.

d. versi miui mengandung tulisan stable dan terdiri dari 3 titik 
Pada versi MIUI ada tulisan stable, atau stabil dan versi miui biasanya terdiri dari 3 titik misalkan ....stable | 2.4.5x.1 dan semacamnya


2. Rom Cina

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa yang disebut rom cina adalah xiaomi  yang memiliki rom cina official atau stable cina dan xiaomi dengan rom developer cina (rom beta cina).

I. Rom stable cina (official cina)

Rom cina sebenarnya adalah sebutan lain dari rom stable cina atau orang juga banyak menyebutnya dengan rom official cina, merupakan rom resmi yang dikeluarkan oleh xiaomi khusus untuk negara cina, ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

a. Hanya tersedia bahasa inggris dan cina
Pada hp xiaomi dengan rom cina, didalamnya hanya tersedia pilihan bahasa cina dan babahasa inggris saja.

b. Belum terinstal google play store
Di dalamnya belum terinstal google play store, yang ada hanya mi store dengan bahasa cina, jadi jika ingin menggunakan google playstore anda harus menginstalnya sendiri.

c. Bisa update via OTA
Sama halnya seperti rom global, di rom cina juga Anda tetap bisa melakukan update via OTA yang cukup praktis.

d. Versi rom Mengandung tulisan CN
Pada kode seri miui versi anda akan melihat kode khusus CN yang dan mengandung tulisan stable yang  nombor kodenya terdiri dari 3 titik misal contoh: stable | 8.2f.1.0 (XYCNDN)

II. Rom dev cina.

Rom cina yang kedua kadang merupakan sebutan dari rom developer cina, atau orang juga banyak menyebutnya sebagai rom beta atau rom developer cina.

Ciri-cirinya hampir sama dengan rom cina. namun update lebih cepat biasanya 2 minggu sekali, dan juga pada miui version terdapat tulisan BETA yang tidak bisa hilang walaupun sudah melakukan update berkali-kali.


Itulah sekilas tentang Perbedaan Rom global dan Rom cina di hp xiaomi, semoga bermanfaat untuk anda.


EmoticonEmoticon