Saturday, 6 October 2018

Mengenal Fungsi HDR yang terdapat pada kamera HP (smartphone)

Blogiseng.web.id - HDR merupakan salah satu fitur bermanfaat yang terdapat pada kamera HP, tapi sayangnya banyak pengguna yang belum mengetahui apa itu HDR dan apa fungsinya, sehingga di artikel kali ini saya akan coba uraikan mengenai Fungsi HDR yang terdapat pada kamera HP (smartphone).Sebuah hp tidak akan lengkap rasanya jika tidak terdapat kamera, untungnya saat ini hampir semua merk hp sudah menyertakan fitur kamera pada smartphone yang dibuatnya, bahkan kualitas kamera yang dimiliki oleh smartphone saat ini menjadi daya tarik tersndiri bagi para konsumen setelah merk.
Kamera memang banyak menggantikan peran hp sebenarnya, dulu mungkin kita mengenal sebuah hp hanya untuk sms dan juga melakukan panggilan telepon, namun dengan hadirnya kamera kini smartphone sering juga digunakan untuk mengambil foto guna mengabadikan momen-momen tertentu.
Kamera yang disematkan di hp pun saat ini, tidak bisa dipandang sebelah mata, karena selain memiliki kapasitas pixel yang baik, fiturnya pun cukup lengkap, salah satu fitur yang cukup bermanfaat yang terdapat pada kamera hp adalah teknologi fitur HDR.
Tapi sayangnya banyak pengguna smartphone terutama smartphone android baik itu xiaomi, asus, lenovo, andromax, samsung dan merk lainnya, belum mengetahui apa itu HDR dan apa fungsinya.
Nah di artikel kali ini saya akan menjelaskan kepada anda apa itu HDR dan apa fungsinya, sehingga dengan megenalnya maka anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan kualitas foto berkualitas walaupun hanya menggunakan kamera dari hp.

Fungsi HDR yang terdapat pada kamera HP (smartphone)

Saat ini Hampir di semua kamera smartphone sudah dilengkapi dengan fitur HDR, namun masih banyak yang belum tau apa sebenarnya HDR itu dan apa fungsinya?
HDR sebenarnya merupakan kependekan dari Hight Dynamic range, menurut wikipedia HDR merupakan fitur kamera untuk mendapatkan kualitas gambar dengan jangkauan dinamis yang sangat tinggi, apa artinya.
Artinya adalah gambar yang diambil dengan memanfaatkan fitur HDR akan memiliki tingkat pencahayaan yang  lebih baik. sehingga gambar yang diambil akan kelihatan lebih terang jika dibandingkan dengan Gambar yang diambil tanpa mengaktifkan fitur HDR.
Untuk membedakannya anda bisa mencoba mengambil 2 foto yang sama daam watu waktu, dimana 1 foto diambil dengan cara mengaktifkan mode HDR dan satu gambar lagi diambil tanpa mengaktifkan Mode HDR.
Foto yang mengaktifkan mode HDR akan memiliki tingkat pencahayaan yang lebih baik jika dibandingkand engan foto/ gambar yang diambil tanpa mengaktifkan fitur HDR.
Perbedaannya sangat kentara, seperti gambar foto di bawah ini yang saya ambil dari salah satu halaman situs.
Foto di bawah ini walaupun mengambil objek yang sama namun tingkat pencahayaan keduanya berbeda,
a. Berikut adalah Foto tanpa mengaktifkan fitur HDR

Foto yang diambil tanpa mengaktifkan fitur HDR, membuat foto kelihatan natural, seperti yang saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang tips mengatur kamera hp agar mendapatkan foto berkualitas, karena sisi gelap dan terang yang terdapat pada objek foto akan nampak kelihatan sebagaimana aslinya, seperti gambar di atas, ada bagian sisi gelap ada juga bagian sisi terang seolah tidak merata.
Namun begitu untuk beberapa foto yang diambil terkadang perlu mengatur tingkat kecerahan, sehingga gambar yang diambil seolah-oleh mendapatkan pencahayaan yang sama, tidak ada sisi gelap dan tidak ada sisi terang.
b. Sedangkan foto yang diambil dengan mengaktifkan Fitur HDR terlihat seperti gambar di bawah ini:

Anda bisa bandingkan dengan gambar sebelumnya (foto tanpa HDR), sangat kentara perbedaannya bukan, foto dengan mengaktifkan mode HDR kelihatan lebih terang, seolah-oleh objek foto mendapatkan pencahayaan yang merata, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan  lebih terang dan merata.Jadi kesimpulannya mode HDR digunakan untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih terang seolah mendapatkan pencahayaan yang merata.
Tapi anda harus ingat mode HDR bukan untuk mengambil gambar yang memiliki mode pencahyaan minim (gelap), tetap saja jika foto yang diambil minim cahaya perbedaannya tidak akan terlalu kelihatan.
Oh ya, biasanya dengan mengaktifkan mode HDR maka biasanya LED FLASH tidak akan berfungsi, jadi sebaiknya jika anda ingin mengambil gambar yang mengandalkan fitur LED FLASH, maka mode HDR sebaiknya dinonaktifkan.
Itulah tentang Apa itu HDR dan Fungsi HDR yang terdapat pada kamera HP (smartphone), semoga dengan uraian artikel di atas anda bisa memahami mengenai HDR sehingga bisa memanfaatkannya dengan baik. semoga membantu.



Backlink:



EmoticonEmoticon