Memperbaiki Kartu Sim (Sim Card) Hp Oppo Yang Tidak Terdeteksi

blogiseng.web.id - Kartu sim tidak terbaca di hp oppo - Bagaimana cara mengatasi kartu sim tidak terdeteksi di hp android ? Sebagai pengguna smartphone android tentu kita pernah kejadian dimana kartu sim tidak terbaca smartphone android yang kita miliki. Kejadian tersebutpun pernah kami alami pada oppo smartphone ketika sedang digunakan untuk internet tiba - tiba sinyal hilang dan setelah diperiksa ternyata sim card tidak terbaca oleh hp oppo tersebut. Sempat berpikir ponsel android oppo kami kehabisan kuota data sehingga membuat sim card tidak ada sinyal namum setelah mengganti dengan kartu sim yang baru tetap saja hp oppo tidak bisa mendeteksi kartu sim tersebut.
Beberapa cara telah kami lakukan untuk mengatasi kartu sim tidak terbaca di ponsel android oppo seperti melakukan mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode namun tetap saja sim card tidak ada sinyal dan kartu tidak terbaca. Selain itu kami juga mencoba mengganti kartu sim lama dengan yang baru untuk memastikan konektor sim card rusak atau tidak. Lantas bagaimana jika slot sim card memang benar - benar mengalami kerusakan dan bagaimana cara memperbaiki tempat kartu sim yang rusak di oppo smartphone tersebut ? Tanpa kita sadari ternyata konektor tidak mampu membaca lagi chip dari kartu SIM salah satunya berasal dari sering sering gonta ganti kartu sim sehingga terjadi konsleting dan aus pada konektor dan slot sim card tidak terdeteksi.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba berbagi tips ketika kita menghadapi masalah sinyal tidak muncul karena kartu sim yang tidak terdeteksi di hp android oppo. Yang terpenting disini ketika kita akan mencoba memperbaiki sim card yang tidak terdeteksi di android oppo, alangkah lebih baiknya jika kita memastikan terlebih dahulu sinyal android hilang total tersebut berasal dari kerusakan software ataukah hardware. Sebab jika kita tidak memeriksa
mengenai permasalahan HP tidak membaca SIMCard ini yang dikhawatirkan adalah justru membuat kerusakan pada komponen lainnya. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara mengatasi sinyal hilang karena kartu sim tidak terdeteksi di hp oppo selengkapnya di bawah ini.
cara memperbaiki kartu sim tidak terdeteksi di hp oppo
Penyebab dari kartu sim tidak terdeteksi di hp memang sangat beragam, seperti konektor chip-nya yang sudah rusak ataupun dari sim card itu sendiri. Namum langkah termudah untuk mengecheck HP tidak membaca SIMCard adalah dengan mencoba memindahkan kartu sim lama ke hp android lainnya, jika pada ponsel android lainnya kartu sim sim tersebut dapat terdeteksi bisa jadi pada hp oppo yang kita miliki memang terdapat suatu kerusakan. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab kartu sim tidak terbaca di hp oppo maupun tablet android lainnya, diantaranya :
1. Kartu sim sudah melewati masa aktif 
Meskipun penyebab kartu sim tidak terbaca yang terakhir ini terkesan sederhana namun banyak pengguna hp android yang kurang menyadarinya.
2. Suhu hp android yang terlalu panas 
Sudah bukan menjadi suatu hal yang baru lagi jika dalam penggunaan hp berbasis android tentu akan selalu panas karena adanya aplikasi yang selalu bekerja pada layar belakang ponsel. Akan tetapi dalam beberapa kasus, hp android yang terlalu panas dapat menyebabkan konsleting salah satunya pada bagian slot sim card yang mengakibatkan kartu sim tidak terbaca oleh ponsel android tersebut.
3. Kerusakan dari kartu SIM itu sendiri 
Biasanya ciri - ciri adanya kerusakan pada sim card ditandai dengan jalur chip yang semula keemasan akan berubah menjadi bintik-bintik kecoklatan yang mengakibatkan kartu sim tidak terdeteksi oleh hp android. Langkah paling mudah untuk memeriksa sim card tersebut terdapat kerusakan atau tidak dapat dilakukan dengan mencoba sim card tersebut pada ponsel yang lain.
4. Kerusakan Pada Dudukan dan Konektor Sim Card 
Jika pada layar hp android anda terkadang muncul notifikasi kartu sim tidak terbaca atau sinyal kadang muncul dan kadang juga menghilang terdapat kemungkinan masalah pada dudukan konektor kartu sim. Biasanya untuk mengatasinya kita perlu mengganjal sim card dengan kertas agar sim card dapat stabil dibaca oleh hp android.
5. Kerusakan pada software smartphone tersebut 
Kesalahan sistem dapat menjadi pemicu dari masalah tersebut, sebab sistem operasi hp android akan tidak mampu membaca SIM Card. Untuk mengatasinya dapat kifa lakukan dengan cara  membuka kode PUK atau dengan pengaman ponsel.
6. Jalur SIM card terputus 
Yang dimaksud konektor disini adalah skema pcb/microchip yang berwarna keemasan pada kartu sim, ciri - ciri rusaknya ditandai putus jalur simcard yang berupa garis atau goresan tipis di microchip.


Setelah mengetahui beberapa penyebab kartu sim tidak terbaca di hp android, berikut ini adalah beberapa cara mengetahui SIM Card error atau tidak terbaca yang membuat hp android oppo tidak ada sinyal.1. Coba ganti kartu sim yang error tersebut dengan yang baru
  • Langkah paling gampang untuk memastikan kerusakan hp tidak ada sinyal berasal dari kartu sim atau perangkat smartphone yang kita miliki adalah dengan mencoba penggantian kartu sim. Jika hp android / tablet kita dapat mendeteksi adanya kartu sim maka dapat disimpulkan bahwa sumber permasalahan berasal dari sim card itu sendiri.

2. Bersihkan kuningan kartu sim
  • Apabila kartu sim itu sendiri yang menjadi sumber masalah sinyal hilang di hp oppo maka untuk memperbaiki kartu sim yang tidak terbaca tersebut dengan cara menggosok secara perlahan di area jalur chip simcard menggunakan penghapus berbahan karet.

3. Akan tetapi jika kerusakan berasal pada perangkat ponsel android oppo kita sendiri maka kita perlu untuk Memeriksa Dudukan dan Konektor Simcard Ponsel dengan cara sebagai berikut :
  • Langkah pertama adalah dengan memeriksa pada dudukan dan konektor sim card. Konektor sim card yang kami maksud adalah kuningan tiga kaki tempat kartu sim pada slot sim hp oppo smartphone.
  • Apabila terlihat akan adanya kerak pada dudukan kartu sim maka cobalah untuk membersihkan menggunakan ampelas atau obeng kecil dengan cara mengkerik secara perlahan.
  • Akan tetapi jika langkah tersebut belum menemukan titik terang maka cobalah untuk membawa hp android anda ke tempat service terdekat atau service center dari hp android yang anda miliki.

Demikian ulasan mengenai cara memperbaiki kartu sim tidak terdeteksi di hp oppo yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Memperbaiki Kartu Sim (Sim Card) Hp Oppo Yang Tidak Terdeteksi"