Saturday, 6 October 2018

Cara Mudah Mengganti Bahasa tema HP Xiaomi ke Bahasa indonesia

Blogiseng.web.id - Cara Mudah Mengganti atau menambahkan Bahasa tema HP Xiaomi ke Bahasa indonesia -Pada umumnya smartphone android xiaomi sudah dilengkapi dengan pengaturan bahasa, anda bisa memilih bahasa sesuai dengan yang anda kehendaki, tentu saja bahasa yang dipilih akan mempengaruhi bahasa tema dan aplikasi yang terinstal secara keseluruhan.
Jadi jika bahasa yang dipilih adalah bahasa indonesia, maka instruksi tema dan text pada aplikasi akan menggunakan bahasa indonesia, begitu juga ketika memilih bahasa inggris, maka bahasa tema dan juga bahasa yang digunakan oleh aplikasi terinstal pun akan menggunakan bahasa inggris.
Untuk pengguna indonesia bahasa perangkat xiaomi yang paling diminati adalah bahasa indonesia, karena bahasa indonesia adalah salah satu bahasa yang paling dipahami hampir oleh warga negara indonesia baik yang berpedidikan tinggi maupun yang tidak.
Cara instal menambah bahasa indonesia di hp android xiaomi

Namun sayangnya, ketika hp xiaomi digunakan pertama kali, umumnya bahasa yang digunakan secara bawaan atau default adalah bahasa inggris, baik itu untuk xiaomi redmi note 3 xiaomi redmi note 3s, xiaomi redmi note  2 premi, xiaomi redmi note 4 dll.
Untuk beberapa pengguna sebenarnya penggunaan bahasa inggris pada hp xiaomi tidaklah masalah, namun untuk pengguna yang kurang paham dengan bahasa inggris jelas menjadi kendala, karena akan sedikit kesulitan ketika mengoperasikan hp android miliknya.
Untuk anda yang kebetulan di hp xiaomi miliknya menggunakan bahasa inggris dan ingin beralih menggunakan bahasa indonesia maka anda dengan mudah bisa melakukan pengaturan bahasa di menu settings hp xiaomi anda, dengan memilih bahasa indonesia maka pengaturan bahasa tema pun semuanya akan menjadi bahasa indonesia.

Cara Mudah Mengganti Bahasa tema Xiaomi ke Bahasa indonesia

Untuk mengganti bahasa tema xiaomi dari bahasa inggris atau bahasa asing menjadi bahasa indonesia maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda.

2. Masuk ke menu Settings / Setelan / Pengaturan

3. Pilih menu Additional settings... / Setelan tambahan .....

4. Kemudian pilih Language & Input / bahasa dan masukan

5. Kemudian klik pada opsi Language / bahasa, pada daftar bahasa yang muncul pilih bahasa indonesia.

6 Selesai.

Dengan cara di atas kini tema dan menu-menu pada hp xiaomi anda akan berubah dari bahasa inggris / bahasa asing menjadi bahasa indonesia.

Lho... kenapa di hp xiaomi Saya tidak ada Pilihan bahasa Indonesia ?

Untuk beberapa hp xiaomi yang anda gunakan kemungkinan ketika memilih bahasa tidak ada pilihan bahasa indonesia, apa yang terjadi bagaimana cara menginstal bahasa indonesia ke hp xiaomi ?

Jika di hp xiaomi anda hanya ada pilihan bahasa inggris dan cina dan tidak ada pilihan bahasa indonesia, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah jenis versi Rom dari HP xiaomi yang anda gunakan, kemungkinan jenis rom (sistem operasi) hp xiaomi anda bukan Rom Global official.
 

Kemungkinan besar rom yang anda gunakan adalah Rom cina official, sehingga yang tersedia hanya pilihan bahasa inggris dan bahasa cina saja.

Lantas bagaimana cara menambah bahasa di hp xiaomi agar bisa ada pilihan bahasa indonesia ?

Agar di hp xiaomi anda terdapat pilihan bahasa indonesia maka salah satu caranya adalah mengganti rom xiaomi anda dengan rom global official (rom resmi global).

Anda bisa menemukannya di situs resmi xiaomi : http://en.miui.com/download.html, silahkan cari rom Global official atau developer global sesuai dengan seri hp xiaomi anda.

Setelah itu anda harus melakukan flashing atau instal ulang rom untuk hp xiaomi anda, pastikan anda dengan memilih rom yang sesuai dengan versi / seri hp xiaomi anda.

Langkah-langkah menambahkan bahasa indonesia ke hp xiaomi anda adalah sebagai berikut:

  • Silahkan download di situs resmi xiaomi rom yang cocok dengan seri xiaomi anda, pilih rom global official yah.
  • Setelah diunduh ubah namanya menjadi update.zip
  • Kopikan ke hp xiaomi anda dan simpan di penyimpanan internal (internal memory) diluar saja jangan di dalam folder.
  • Matikan hp xiaomi anda, pastikan daya terisi minimal 70%, atau charge saja hp xiaomi anda.
  • Masuk ke recovery mode (caranya hidupkan hp xiaomi anda dengan menekan tombol volume+ dan tombol power) secara bersamaan tahan dan tunggu, sampai mi melakukan restart, maka akan masuk ke recovery mode.
  • Pilih english dengan menekan tombol volume - dan volume +
  • Kemudian pilih opsi wipe & reset untuk menghapus data sistem xiaomi anda (file diinternal memory akan terhapus)
  • Setelah itu back to main menu lalu pilih instal update.zip to system one tunggu hingga proses selesai.
  • Lalu pilih menu rebot > rebote to system one
  • Tunggu hingga hp menyala dan seperti pertama kali dihidupkan silahkan lakukan pengaturan.

Catatan:
Cara di atas belum tentu bekerja pada hp xiaomi anda terutama untuk hp xiaomi seri terbaru yang bootloadernya dalam keadaan terkunci (lock bootloader).

Jika anda tidak berani melakukannya atau kesulitan anda harus meminta orang yang memahami cara penggantian rom, cari teman anda atau bawa saja ke tungkang service, karena penggantian rom memiliki prosedur tersendiri, jika prosedurnya salah bisa jadi hp xiaomi anda akan boatloop atau softbreak sehingga hp akan terus-menerus stuk di logo tidak mau masuk ke menu homescreen setelah direstart.Demikian artikel mengenai Cara Mudah Mengganti Bahasa tema HP Xiaomi ke Bahasa indonesia, semoga membantu yah...!


EmoticonEmoticon