Saturday, 6 October 2018

Cara mudah backup / restore kontak dan data aplikasi di hp xiaomi

Blogiseng.web.id - Untuk beberapa kasus data yang tersimpan di hp xiaomi seperti data setingan aplikasi, data aplikasi dan data penting lainnya seperti data kontak perlu kita ackup, alasannya karena data aplikasi tersebut mudah sekali terhapus, sehingga dengan melakukan backup anda tidak perlu takut lagi kehilangan kontak atau data aplikasi lainya.Proses backup di hp xiaomi pada umumnya harus anda lakukan ketika anda ingin berpindah hp atau ketika anda ingin memodifikasi sistem xiaomi seperti melakukan flash ulang atau upgrade, sehingga ketika data aplikasi di hp xiaomi anda terhapus, maka anda bisa mengembalikan (restore) data aplikasi tersebut dengan sangat mudah.
Di hp xiaomi sendiri proses backup dan restore sebenarnya sangatlah mudah, tidak perlu bantuan software pihak ke 3 bahkan tidak perlu bantuan komputer PC atau laptop, karena fasilitasnya sudah disediakan.
cara backup data dan kontak di hp xiaomi
Namun langkah-langkahnya sedikit berbeda dengan merk hp android kebanyakan, karena sistem android yang digunakan oleh smartphone xiaomi sudah banyak dimodifikasi, sehingga cara backupna pun sedikit berbeda.
Oleh karena itu di artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara melakukan backup dan sekaligus restore data dan kontak di hp xiaomi,
Bagi anda pengguna hp xiaomi yang kebetulan ingin melakukan backup data aplikasi dan data kontak di hp xiaomi langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:1. Masuk ke halaman setelan / settings
2. Pada halaman setelan, pilih menu additional settings / setelan tambahan
3. Pada halaman setelan tambahan, Scroll ke bawah lalu pilih opsi, Bacup & Reset / Buat cadangan & Setel Ulang
4. Di halaman selanjutnya pilih pilih opsi cadangan lokal / local backup
cara backup kontak di hp xiaomi

5. Pada halaman backup / cadangan  silahkan tekan saja tombol cadangkan / backup.6. Pada halaman cadangkan, anda akan melihat beberapa opsi seperti di bawah ini

  • Sistem / sistem
  • Apl /apps
Untuk beberapa versi xiaomi lainnya mungkin anda akan melihat opsi berikut
  • Sistem  / system
  • Apl / apps
  • Account & Contact /akun dan kontak

Opsi di atas berisi data yang terdapat di hp xiaomi anda yang bisa anda backup, untuk melihat detail data opsi tersebut anda bisa klik tombol pahah " >" di sebelah kanannya, anda akan melihat data apa saja yang bisa dibackup.
cara backup di hp xiaomi
Opsi-opsi yang bisa dibackup bisa anda cheklis atau uncheklis, untuk menyesuaikan data pa saja yang ingin anda backup.
7. Setelah anda memilih (checklis) data yang ingin anda backup, selanjutnya untuk melakukan backup anda tinggak menekan tombol backup / cadangkan di bagian bawah.
Tunggu hp xiaomi anda melakukan proses backup sampai 100%.
Jika proses backup telah selesai, file backup akan tersimpan di penyimpanan internal memory hp xiaomi anda, lokasinya ada di foleder MIUI > backup > All Backup, anda bisa buka / cek dengan aplikasi file explorer. Untuk keamanan agar tidak hilang anda bisa menyalinnya ke komputer.

Cara Restore File backup di hp xiaomi

Selain backup hp xiaomi anda juga dilengkapi dengan fitur restore untuk mengembalikan agar data aplikasi hp seperti data konfigurasi sistem atau aplikasi dan juga termasuk data kontak bisa anda kembalikan.Dengan adaanya fitur restore ini anda bisa terhindar dari kehilangan data sistem dan kontak di hp xiaomi anda, dengan syarat anda sudah memiliki file backup hasil proses backup yang anda lakukan sebelumnya.
Untuk melakukan restore atau mengembalikan file hasil backup tidak jauh berbeda ketika anda melakukan proses backup, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Jika sebelumnya ada sudah menghapus file backup yang terdapat di folder miui > backup > all backup, dan disimpan di komputer anda,  maka anda harus menyalin kembali dari komputer ke lokasi tersebut.
2.Masuk ke halaman setelan / settings
3. Pada halaman setelan, pilih menu additional settings / setelan tambahan
4. Pada halaman setelan tambahan, Scroll ke bawah lalu pilih opsi, Bacup & Reset / Buat cadangan & Setel Ulang
4. Di halaman selanjutnya pilih pilih opsi cadangan lokal / local backup
5. Pada halaman backup / cadangan  anda akan melihat data file backup, silahkan dipilih lalu tekan tombol restore di bagian bawah.
cara restore data di hp xiaomi
Tunggu proses restore hingga selesai, jika berhasil data aplikasi dan data kontak di hp xiaomi anda akan kembali seperti semula.
Backup dan restore adalah fitur yang sangat penting yang untungnya sudah tersedia di setiap hp xiaomi, dengan adanya fitur tersebut anda akan terhindar dari kehilangan data aplikasi / data sistem maupun data kontak yang tersimpan di hp xiaomi.
Secara berkala untuk antisifasi terhapusnya data, maka backup harus selalu dilakukan, terutama ketika anda ingin melakukan flashing atau upgrade rom, karena aktivitas tersebut sangat rentan menghapus data yang terdapat di posel xiaomi anda.
Itulah tentang  cara backup di hp xiaomi, semoga membantu.

Backlink:


EmoticonEmoticon