Saturday, 6 October 2018

Cara menampilkan widget Jam di layar depan hp android (xiaomi, oppo, asus dll)

Blogiseng.web.id - Cara menampilkan widget Jam di layar depan (home screen) hp android (xiaomi, oppo, asus samsung dll)HP dengan Sistem operasi android selain mudah digunakan juga kaya akan fitur dan dukungan teknologi, salah satu fitur yang tersedia yang sangat bermanfaat adalah dukungan widget.
Saat ini semua merk hp dengan sistem operasi android seperti xiaomi, oppo, asus, samsung, lenovo, vivo, andromax dan merk hp android lainnya sudah dapat mendukung fitur widget didalamnya.

widget sebenarnya merupakan software pendukung aplikasi android, cara kerjanya cukup sederhana, ketika widget diaktifkan, maka widget akan muncul di layar utama hp android atau layar home screen dan akan terus berjalan dan aktif untuk memberikan informasi secara uptodate kepada pengguna.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi android yang sudah dilengkapi dengan widget, seperti misalnya aplikasi kalender, pencarian google, aplikasi jam, aplikasi email, dan aplikasi lainnya. umumnya widget dalam keadaan nonaktif, namun pengguna bisa mengaktifkannya jika diperlukan, widget yang sudah aktif akan muncul di layar depan hp android yang anda gunakan.

Cara menampilkan widget jam di hp android

Pengguna mengaktikan widget tujuannya adalah agar mereka lebih cepat mendapatkan informasi yang mereka inginkan tanpa harus repot-repot membuka aplikasi yang dimaksud.

Seperti misalnya ketika widget email diaktifkan, maka pengguna bisa langsung melihat daftar email masuk dengan hanya membuka home screen tanpa harus membuka aplikasi email. begitu juga ketika pengguna ingin melihat jam dengan cepat, maka pengguna bisa mengaktifkan widget jam.

Widget yang paling banyak digunakan adalah widget Jam, dengan mengaktifkan widget jam maka informasi jam akan muncul di layar dengan hp android, sehingga  untuk melihat waktu pengguna cukup menyalakan layar hp android miliknya maka jam pun akan langsung kelihatan.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan widget Jam di hp android ?

Untuk mengaktifkan widget jam di hp android sebenarnya sangat mudah sekali, namun umumnya setiap merk hp android memiliki cara yang berbeda-berbeda.

Untuk anda yang kebetulan masih bingung dan tidak tau cara mengaktifkan widget jam di hp android, maka melalui artikel ini saya akan coba uraikan cara mengaktifkan widget jam untuk beberapa merk hp android (xiaomi, oppo, asus, lenovo, samsung dll).

Untuk mengaktifkan widget jam di hp android (xiaomi, oppo, lenovo, asus, samsung, andromak) langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Cara mengaktifkan Widget JAM di HP Xiaomi

Untuk mengaktifkan widget jam di hp xaomi maka anda harus memunculkan  menu widget terlebih dahulu, langkah nya adalah sebagai berikut:

a. Aktifkan hp xiaomi anda

b. Di halaman home screen cari ruang kosong yang tidak diisi menu, lalu pada permukaan layar sentuhkan dua jari anda dan langsung tarik mendekat (gunakan ibu jari dan telunjuk agak renggang di permukaan layar kemudian tarik mendekat kedua ibu jari tersebut secara bersamaan ).

Atau bisa juga dengan longtap, cari ruang kosong di layar utama, lalu sentuhkan jari telunjuk pada ruang kosong tahan agak lama sampai muncul menu khusus.

Jika berhasil Maka anda akan masuk ke mode menu khusus hp xiaomi anda dan anda akan melihat beberapa menu di bagian bawah, salah satunya adalah menu widget.

memunculkan-widget-di-hp-xiaomi


c. klik pada menu widget, lalu cari dan klik pada widget Jam. maka widget jam pun akan muncul pada halaman home screen.

d. tekan tombol Back untuk keluar dari mode menu khusus.

Langkah yang sama bisa juga anda gunakan untuk memasang widget kalender, widget pencarian google dan widget lainnya jika diperlukan.


2. Cara Menampilkan widget jam di HP Asus Zenfone
Untuk mengaktifkan widget jam di hp asus langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp asus anda.

2. Pada layar home screen hp asus anda, usap layar dari bagian paling bawah ke atas.
Maka akan muncul beberapa menu khusus hp asus zenfone anda

cara memunculkan widget di hp asus


3. Lalu Pilih menu Aplikasi & Widget / Widgets, kemudian Geser ke tab Widget (ini untuk zen ui baru), lalu cari dan klik saja widget Jam, widget akan tampil dan muncul di halaman utama home screen hp asus anda.

Anda juga dapat menampilkan widget lainnya yang tersedia dengan langkah-langkah yang sama. tapi pastikan anda tidak mengaktifkan banyak widget karena akan memberatkan hp android yang anda gunakan.

3. Cara menampilkan Widget Jam di hp oppo

Untuk anda pengguna hp oppo yang kesulitan menampilkan atau menambahkan widget jam di halar utama hp oppo anda, maka langkahnya hampir sama seperti menambahkan widget di hp xiaomi sebagai berikut:

a. Aktifkan hp oppo anda

b. Di layar utama (home screen) cari ruang kosong yang tidak berisi menu, lalu cubit layar, sampai keluar menu widget.

c. Klik menu widget, lalu cari dan klik widget jam, widget jam pun akan muncul di halaman utama hp oppo anda.

Cara yang sama bisa anda lakukan untuk menambahkan widget lainnya.

4. Cara Manambahkan widet jam di layar utama hp samsung

Tidak jauh berbeda dengan merk hp lainnya, untuk menambahkan widget di layar utama hp samsung adalah sebagai berikut:

a. Aktifkan hp samsung anda

b. Pada halaman utama home screen, cari ruang kosong.

c. Long tap pada laya kosong, caranya klik dan tahan dengan jari telunjuk anda, sampai muncul menu widget di bagian bawah.

d. Silahkan pilih menu widget, lalu cari widget jam, widget jam akan muncul di halaman utama hp samsung anda.

Cara yang sama bisa juga anda lakukan untuk menambahkan widget lainnya di layar utama hp samsung anda.


Demikian artikel mengenai Cara menampilkan widget Jam di layar depan hp android (xiaomi, oppo, asus dll), semoga bermanfaat.


S


EmoticonEmoticon