Saturday, 6 October 2018

8 Tips Mengatasi HP Android Lemot dan Mudah sekali panas tanpa root

Blogiseng.web.id - Saat ini sistem operasi android mampu menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan, selain kemudahan pengoperasian, android didukung dengan berbagai macam fitur yang membuat hp dengan sistem operasi android nyaris sempurnra dan sangat disukai pengguna.
Kepopuleran android membuat berbagai macam pabrikan hp menggungkan sistem operasi android  pada setiap seri hp yang dibuatnya, walaupun sistem operasi android nyaris sempurna, pada kenyataanya banyak sekali pengguna yang mengalami berbagai macam kendala dengan hp miliknya.
Mengatasi hp android lemot dan cepat panas

Salah satu kendala yang kerap sekali dialami oleh pengguna android adalah hpnya seiring kali menjadi lemot dan mudah sekali panas, padahal aplikasi yang terinstal sedikit, bahkan memory yang dimiliki smartphone cukup besar, sehingga kondisi tersebut terkadang sering membuat si pengguna merasa tidak nyaman.
Sebenarnya Ada banyak sekali faktor kenapa HP android menjadi mudah panas dan sangat lemot, beberapa diantaranya bisa disebabkan oleh bug pada sistem android, sistem android kurang stabil terhadap perangkat keras, banyak aplikasi terpasang, jaringan data untuk internetan tidak stabil, jaringan seluler tidak ada dan lain sebagainya.

Tips Mengatasi HP Android Lemot dan Mudah sekali panas tanpa harus root

Untuk anda pengguna hp android yang kebetulan sering mengalami panas pada hp android anda dan hp terkadang menjadi lemot, maka tips berikut bisa anda coba untuk mempercepat kinerja hp anda dan mengurangi panas yang sering terjadi pada hp android anda tanpa harus melakukan root.

1. Hindari penggunaan widget yang berlebihan.

Keberadaan widget memang untuk beberapa jenis sangat membantu, tapi sayangnya jenis widget yang terpasang terkadang sering memakai sumber daya hp yang terus-menerus, yang menyebabkan hp bisa menjadi cepat panas dan lemot.Oleh karena itu agar hp tidak lemot dan terlalu panas, salah satu yang harus diperhatikan adalah penggunaan widget, pastikan widget yang terpasang hanya widget yang dianggap penting saja, jika penggunaannya tidak terlalu penting lebih baik dicopot saja.
Jika anda memang sangat perlu memasang widget, anda bisa meletakan 1 atau 2 widget saja yang aktif di layar utama hp android anda, semakin sedikit widget yang terpasang biasanya akan mengurangi beban sumber daya hp.

2. Hindari untuk menginstal banyak aplikasi.

Kapasitas ruangan penyimpanan besar bukan berarti untuk terus dijejali berbagai aplikasi, karena semakin banyak aplikasi yang anda gunakan maka selain dapat memenuhi kapasitas ruang penyimpanan, berkas sisa pemakaian aplikasi dalam bentuk cache pun akan semakin menumpuk.Semakin banyak cache menumpuk yang dihasilkan dari penggunaan aplikasi tertentu maka kinerja hp pun biasanya akan ikut terpengaruh, apalagi anda memasang aplikasi yang tanpa sepengetahuan anda berjalan di latar belakang, jelas ini bisa membuat hp semakin lemot saja.
Jadi sebaiknya jika aplikasi tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik dihapus saja, karena semakin sedikit aplikasi yang anda gunakan maka ruang penyimpanan pun akan sekin besar sehingga kinerja memory hp pun akan semakin leluasa.

3. Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Jika tidak diperlukan silahkan batasi penggunaan aplikasi yang berjalan dilatar belakang, saat ini ada banyak sekali jenis aplikasi yang tanpa sepengetahuan kita aplikasi tersebut tetap runing walaupun tidak aktif.Seperti aplikasi BBM, facebook, whats app dan aplikasi media sosial lainnya yang mengaktifkan fitur notifikasi, aplikasi tersebut sebenarnya terus dalam keadaan runing untuk menunggu dan membaca pesan-pesan terbaru yang akan langsung muncul dalam bentuk notifikasi.
Aplikasi seperti itu akan sangat membebani memory hp anda sehingga jika penggunaannya terlalu banyak bisa membuat hp android anda lemot.
Jika memang aplikasi tersebut masih diperlukan, lebih baik matikan notifikasi otomatis, agar penggunaan sumber daya hp menjadi lebih ringan.

4. Matikan Auto Sync di hp android anda.

Auto sync merupakan fitur yang akan selalu melakukan sinkronisasi untuk aplikasi-aplikasi bawaan android, dan aplikasi yang membutuhkan data menggunakan koneksi internet seperti aplikasi email dan aplikasi serupa lainnya.Mengaktifkan autosync berarti anda mengizinkan jaringan di hp android anda untuk selalu standby terus menerus menunggu data terupdate yang terdapat diinternet, ini menyebabkan penggunaan sumber daya hp anda akan semakin ekstra, sehingga tidak jarang jika terus menerus dalam keadaan aktif, hp akan cepat panas, lemot bahkan baterai mudah sekali terkuras.

5. Matikan Data seluler jika jaringan buruk.

Lebih baik matikan data seluler ketika anda menggunakan hp anda di kondisi jaringan buruk, data seluler yang terus hidup di jaringan buruk akan terus menerus mencari jaringan dan ini biasanya akan cepat membuat hp panas, baterai boros dan ketika hp dalam kondisi panas, maka biasanya hp akan sangat lemot sekali.

6. Lakukan update sistem jika sudah tersedia.

Berikutnya untuk mengatasi hp agar tidak lemot adalah, pastikan selalu melakukan update jika update sistem sudah tersedia.Update sistem biasanya akan berkaitan engan bug dan penambahan fitur, sehingga jika sistem android anda lemot disebabkan karena sistem mengalami bug maka update biasanya akan mampu mengatasi lemot tersebut.
Ini pernah saya alami di hp xiaomi redmi note 4 milik saya, ketik baru pertama kali digunakan hp benar-benar mudah sekali panas, baterai boros dan aplikasi pemutar video serta kamera seringa ngelag dan ngehang.
Ternyata permasalahan tersebut disebabkan oleh bug sistem android yang digunakan xiaomi seri yang saya gunakan, namun setelah melakukan update, permasalahan pun menjadi hilang dan hp lebih stabil.

7. Bersihkan Data and cache secara berkala.

Cache biasanya merupakan file yang secara periodik akan terhapus dengan sendirinya, file ini dihasilkan oleh aplikasi yang dijalankan yang memang dirancang untuk memanfaatkan cache, tujuannya adalah agar aplikasi tersebut dikemudian hari jika dijalankan ulang lebih cepat.Semakin banyak aplikasi yang digunakan biasanya cache akan semakin menumpuk, walaupun cache akan terhapus dengan sendirinya, biasanya memerlukan waktu, sehingga jika semakin menumpuk biasanya akan membuat hp android kamu menjadi sangat lemot.
Oleh karena itu membersihkan cache data adalah salah satu alternatif yang harus anda lakukan agar hp android menjadi enteng kembali.

8. Selalu Lakukan Auto kill aplikasi.

Selanjutnya agar hp android anda tidak lemot, maka anda harus selalu melakukan auto kill pada setiap aplikasi yang sudah selesai digunakan.Biasanya ketika anda menutup aplikasi, aplikasi tersebut tidak keluar 100%, aplkiasi akan bersemayan di memory, tujuannya adalah jika aplikasi tersebut dijalankan ulang, aplikasi akan tampil dan aktif lagi dengan cepat.
Untuk memastikan aplikasi sudah tertutup anda bisa memanfaatkan fitur auto kill, biasanya dengan menekan salah satu tombol navigasi, maka anda akan melihat daftar aplikasi yang masih berjalan dimomory.
Jika anda melihat ada aplikasi yang sudah tidak anda gunakan masih berjalan dimemory, maka anda bisa menutupnya sehingga aplikasi benar-benar keluar. dengan demikian hp android anda akan semakin enteng dant idak mudah panas ketika digunakan.

***
Sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi hp android lemot dan mudah panas, cara di atas pada umumnya cara yang sering dilakukan yang sudah cukup ampuh mengatasi hp android lemot.Jika cara di atas masih belum bisa mengatasi lemot pada hp android anda, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah factory reset atau wipe cache partisi menggunakan recovery mode.


EmoticonEmoticon