Contoh Surat Permohonan Maaf Yang BAIK

Manusia tak bisa lepas dari dosa dan khilaf. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan terhadap orang lain, baik terhadap saudara, orang tua, kerabat, dosen, kantor tempat ia bekerja, sekolah tempat ia menimba ilmu, dan lain sebagainya.
Ada ungkapan, “Sebaik-baik hamba adalah yang sering bertaubat”.
Dalam konteks kehidupan sehari-hari makna taubat bisa berarti “Maaf”.
Oleh karena itu, sebaik-baik manusia bagi sesama nya adalah orang yang pandai mengucapkan maaf kepada sesama lain.
Ungkapan maaf bisa lewat lisan atau tulisan.
Ucapan maaf lewat tulisan biasanya diwujudkan dalam bentuk surat.
Tepatnya surat permohonan maaf.
Berikut ini adalah beberapa contoh surat permohonan maaf yang berhasil kami rangkum.



Surat Permohonan Maaf karena Menitip Absen

21 Oktober 2013 Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama    : Indra Gunawan
Nim         : B88904130169
Kelas     : P03.22
Meminta maaf atas tindakan yang telah saya lakukan di kelas P03.2 pada hari minggu tepatnya pada tanggal 20 oktober 2013 yaitu nya menitip absen pada teman saya, saya tidak akan mengulangi perbuatan saya lagi. Jika saya mengulangi nya lagi saya siap menerima konsekuensi yang diberikan kepada saya.

Hormat saya,

(Indra Gunawan)


Surat Permohonan Maaf karena Tindakan Cybercrime

Lampiran : 2 Lembar
Perihal: Pemintaan Maaf Kepada
Yth. Rangga Hariadi
Di Tempat
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                   : Torik Saleh
Jenis kelamin     : Laki Laki
Tanggal lahir       : 18 Mei 1993
Alamat             : Tanjung Pinang 02/02 Kampar, Kepulauan Riau
Sehubungan dengan tindak kejahatan yang telah saya lakukan kepada Saudara Danu Saputra, sebagai pemilik/pengurus situs Andaidamai.Net, yakni melakukan tindakan cybercrime pada situs miliknya dengan meretas dan mengganti beberapa hal yang sangat vital pada situsnya, maka dengan ini saya bermaksud untuk menyampaikan surat permohonan maaf berkaitan dengan tindakan yang telah saya lakukan kepada pihak yang bersangkutan.
Tindak kejahatan yang saya lakukan terhadap Saudara merupakan tindakan kejahatan dunia maya (cybercrime), dan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan yang telah saya lakukan.
Kejadian tersebut adalah sebuah tindakan yang sangat keliru dan diluar kesadaran saya, sehubungan dengan itu maka saya sangat mengharapkan permohonan maaf dari saudara yang bersangkutan dalam tindak kejahatan yang telah lakukan.
Dengan sangat menyesal, saya berjanji tidak akan mengulangi tindak kejahatan yang telah dilakukan kepada Pihak yang Terkait, maupun kepada pihak-pihak lain diluar kejadian ini, adapun beberapa point yang saya pelajari dari kasus kejadian ini, yakni: Tidak akan mengambil alih hak/kewajiban orang lain; Harus menggunakan potensi dengan tujuan yang baik; Mempertimbangkan kembali segala sesuatu sebelum bertindak:
Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya terhadap tindak cybercrime dan lainnya yang telah saya lakukan kepada pihak yang bersangkutan. Semoga Saudara berkenan untuk memaafkan saya. Atas perhatian dan kelapangannya saya sampaikan terimakasih.

Tasikmalaya, 11 Maret 2017
Hormat saya,

Torik Saleh


Surat Permohonan Maaf karena Melakukan Tindak Kekerasan

Kepada,
Yth. Hendri YahyaHal : Surat Permohonan Maaf
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                    : Herman Randa
Jenis kelamin     : Laki-laiki
Tanggal lahir       : 12 Januari 1989
Alamat                : Jalan Padepokan No. 11 Riau Timur
Pekerjaan           : Artis
Agama                  : Islam
Sehubungan dengan tindak kesalahan yang telah saya lakukan atas Saudara Hendri Yahya, yakni melakukan tindak kekasaran pada saat hendak memawancarai saya berkaitan dengan pertanyaan yang Suadara ajukan kepada saya, maka dengan ini saya bermaksud untuk menyampaikan surat permohonan maaf berkaitan dengan peristiwa tersebut.
Tindak kekerasan yang saya lakukan terhadap Saudara merupakan tindakan diluar batas, dan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan salah yang telah saya lakukan kepada Sudara. Kejadian tersebut adalah sebuah tindakan yang salah yang terjadi diluar kesadaran saya, sehubungan dengan itu maka saya sangat mengharapkan permohonan maaf dari saudara terkait persistiwa tersebut.
Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya terhadap tindak kekerasan yang telah saya lakukan. Semoga Saudara berkenan untuk memaafkan saya. Atas perhatian dan kelapangannya saya sampaikan terimakasih.

Jakarta, 21 Mei 2020
Hormat saya,

Herman Randa


Surat Permohonan Maaf karena Tidak Bisa Mengikuti PRAKERIN

Keling, 11 Januari 2016 Nomor  : ………. /SMK.AH/I/2016
Lamp     :  –
Hal          : Permohonan Maaf
Kepada
Yth. Kepala UPT. DIKPORA DONOROJO
Di Tempat

Dengan Hormat,
Menindak lanjuti surat permohonan tempat Praktik Kerja Industri kami Nomor : 058/SMK.AH /IX/2015 perihal Permohonan Tempat PRAKERIN, bersama surat ini kami mohon maaf belum bisa menempatkan Siswa/Siswi Kami untuk melaksanakan Praktik Kerja di Instansi yang Bapak / Ibu Pimpin dikarenakan kurangnya jumlah siswa kami yang melaksanakan Praktik Kerja Industri.
Demikian surat permohonan maaf ini kami buat sebenar benarnya. Atas perhatian dan pengertianya kami ucapkan banyak terima kasih.

Mengetahui,
Kepala SMK AL HUSAIN KELING      Ketua PRAKERIN


AJI ISMOYO, S.Sos                       HASAN SISWOKO, S.Pd

Surat Permohonan Maaf karena Keterlambatan Membuat Laporan

Kepada
Yth. Isna Aryanti R.StSaya yang bertanda tangan di bawah ini :Nama                    : Andi saputra Zulkifli R.
Stambuk              : 09120120023
Kelas                     : 6.1
Kelompok           : I (Satu)
Praktikum           : Analisa Perancangan kerja & Sistem ProduksiSehubungan dengan tindak kesalahan atas keterlambatan ACC Laporan Modul II Analisa perancangan kerja dan Laporan Sistem Produksi modul I. Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada asisten yang bersangkutan, kiranya dapat memaafkan dan bisa memberikan toleransi kepada kelompok I.Demikian surat permohonan maaf saya buat sebagai bentuk penyesalan saya atas keterlambatan ACC Laporan Modul II: Analisa perancangan kerja dan Laporan Sistem Produksi Modul I. Atas perhatian dan kelapangannya saya sampaikan terimakasih.Makassar, 09 September 2015
Hormat saya,                                                 Mengetahui,
Andi Saputra Zulkifli R


Surat Permohonan Maaf karena Ketidakhadiran Mengikuti Kegiatan di Klinik Gigi

Kepada,
Yth. Kepala bagian Penyakit Mulut.
di RSGM Gusti Hasan Aman.Dengan Hormat,Saya yang bertanda tangan di bawah ini :Nama    : Haluanry Doane Santoso
NIM       : I4D110008Bersama ini mengajukan permohonan maaf sehubungan dengan ketidakhadiran mengikuti kegiatan klinik di RSGM pada Hari sabtu tanggal 2 mei 2015 tanpa melakukan perizinan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.Atas kelalaian tersebut dengan ini saya berjanji tidak akan mengulanginya lagi.Demikian surat permohonan ini saya sampaikan. Atas perhatian dan perkenan Bapak / Ibu saya ucapkan terimakasih.
Banjarmasin, 10 mei 2015
Mahasiswa yang bersangkutan

Haluanry Doane Santoso
NIM. I4D110008

Mengetahui,
Kepala bagian Penyakit Mulut      Kordinator Pendidikan Profesi

drg. Dewi Puspitasari, M Si drg. Irham Taufiqurrahman, Sp. BM
NIP. 19820528 200912 2 004    NIP. 19780106 200912 1 003

Demikian Surat Permohonan Maaf Semoga Bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan

Post a Comment for "Contoh Surat Permohonan Maaf Yang BAIK"