Cara Memperbaiki Youtube Tidak Bisa Diakses di PC Maupun di Android

Kenapa youtube tidak bisa dibuka? Hal ini menjadi masalah besar ketika kita sedang menginginkan sebuah hiburan, pembelajaran atau apapun itu yang bersumber dari situs video youtube. Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan video youtube di browser anda tidak bisa dibuka. Mulai dari koneksi internet, sampai ke hal-hal seperti plugin pendukungnya.Berikut akan diuraikan beberapa masalah error dan solusi untuk mengatasi video youtube yang tidak bisa dibuka melalui browser anda.

Baca Juga:

Ada Masalah pada Add-On atau Plugin Browser

Ada beberapa masalah pada plugin yang anda pasang di browser perangkat anda, entah mozilla, chrome maupun safari. Di bawah ini kami telah menyidik ada beberapa nama plugin add-on browser yang kerap mengganggu sehingga tidak bisa membuka video youtube.

plugin adds on penghambat youtube tidak bisa di buka
  • Plugin Pemblokir Iklan – Dari pihak YouTube sendiri menerapkan sistem monetisasi di berbagai halaman dan video YouTube . Jika anda mengaktifkan plugin Adblocker, itu malah akan menghambat loading dari video yang di buka di YouTube.com, silahkan anda nonaktifkan atau removed atau disable.
  • Plugin Web Accelerator – Bila anda menggunakan plugin yang satu ini, sebaiknya anda langsung menonaktifkan secara penuh maupun anda tidak menggunakannya saat anda mengakses YouTube, sehingga video youtube dapat berputar.
  • Plugin YouTube Downloader – Plugin dengan jenis ini memang kerap memberatkan kinerja dari Browser itu sendiri, termasuk Youtube yang akhirnya anda tidak bisa membuka video youtube. Silahkan anda nonaktifkan atau remove atau disable.

 

2. Ada Masalah Pada DNS

Ketika hendak mengakses YouTube, tiba-tiba anda mendapatkan peringatan yang bertuliskan : “This site can’t be reached www.youtube.com’s server DNS address could not be found“.Maka dapat di pastikan bahwa ada masalah di pengaturan DNS komputer atau laptop yang di pakai. Berikut cara memperbaikinya.
dns bermasalah penyebab youtube tidak bisa di buka dan di akses

Cara Memperbaiki YouTube Tidak Bisa Dibuka karena ada Masalah DNS :

  1. Pertama silahkan anda clear cache atau hapus data dan History serta Cookies di Browser anda.
  2. Silahkan anda Tekan CTRL + H
  3. Kemudian Tekan Clear Browsing Data
  4. Lalu anda Pilih The Beginning Of Time maupun Sejak Awal Waktu
  5. Silahkan anda ceklis semua opsi yang tersedia terkecual akata sandi atau Password
  6. Silahkan anda tekan Clear Browsing
Silahkan anda kembali akses youtube,  jika masih ada “This site can’t be reached www.youtube.com’s server DNS address could not be found”, silahkan anda gunakan cara yang kedua di bawah ini.

Baca Juga:
-Cara Mematikan Obrolan Facebook di laptop atau komputer Mudah
-Aplikasi - Aplikasi Android Untuk Sadap SMS dan Telepon Terbaru
-2 Cara Mengetahui Password Facebook Orang Lain
-10 Aplikasi Penguat Sinyal 3G HSDPA 4G LTE Untuk Android Terampuh

 

Cara Mengatasi Tidak Bisa Buka Youtube karena DNS Bermasalah

  1. Silahkan anda Klik kanan logo Windows yang terdapat di pojok kiri bagian bawah layar PC atau laptop
  2. Kemudian Klik pada CMD atau Command Prompt (Admin)
  3. Selanjutnya silahkan anda ketikan ipconfig /flushdns kemudian anda tekan Enter
  4. Sesudah proses flushdns berhasil, kemudian ketikan ipconfig /renew dan tekan enter
  5. Berikutnya anda ketikan ipconfig /registerdns setelah itu tekan enter
  6. Kemudian anda tutup Jendela CMD atau Command Prompt
  7. Silahkan anda akses YouTube.com kembali.
  8. Selesai.


Mengatasi Kenapa Youtube Tidak Bisa Dibuka di Android


Penyebab apliaksi youtube error, tidak bisa memutar video, tidak bisa mengomentari atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa masalah. Namun yang harus anda perhatikan, setiap penyebab yang timbul pasti berbeda-beda diantara pengguna android satu dengan yang lainnya. Mulai dari Android OS yang terpasang hingga spesifikasi dari Smartphone dan Tablet Android itu Sendiri. Dan berikut adalah beberapa penyebab yang mungkin saja termasuk yang anda alami.
  1. Aplikasi youtube belum pernah dibersihkan. Dalam hal ini adalah cache. Semua history tentang pencarian, komentar, share, like dan upload video yang dilakukan di aplikasi youtube menumpuk. Sehingga pada saat kita melakukan tap pada drawer, ia tidak mau terbuka dan timbul pesan error ”Force Close” atau "Unfortunately, YouTube has stopped".
  2. Anda baru saja menginstall aplikasi client youtube. Memang ada banyak client youtube yang bisa membuat streaming video menjadi lebih cepat untuk diputar. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya terjadinya error antar aplikasi yang menyebabkan apliaksi youtube berwarna hitam dan tidak mau terbuka.
  3. Aplikasi youtube telah diperbaharui atau telah diupdate secara manual. Jika anda mengaktifkan fitur auto update, maka youtube anda tersebut telah dioperbaharui yang berjalan pada background. Tetapi perhatikan juga, bisa saja sebelumnya anda telah melakukannya secara manual. Setiap Android OS dan spesifikasi dari Android itu sendiri selalu dibaca oleh aplikasi. Bisa saja, aplikasi youtube yang baru lebih canggih tetapi Android OS anda masih jadul yang mengakibatkan error atau tidak bisa dibuka sama sekali.
  4. Anda telah melakukan update terhadap Android OS yang terpasang di Smartphone. Biasanya kita menyebutnya sebagai upgrade. Contohnya, anda telah memperbaharui OS dari versi 4.1 (Jelly Bean) ke versi 4.4 (KitKat) tetapi belum disadari bahwa aplikasi youtube pun seharusnya di update.

Cara Mengatasi Aplikasi Youtube Tidak Bisa Dibuka dan Memutar Video Di Android

Beberapa penyebab diatas dapat diatasi dengan mencoba dan mengikuti 5 langkah dibawah ini satu persatu.
  1. Bersihkan Cache. Penting, sebelum anda melakukan hal lain, bersihkan cache dari apliasi youtube. Caranya, tap Setting > Apps > All, kemudian cari dan buka aplikasi youtube dan tap tombol Clear Chache.
  2. Bisa saja RAM Android anda sedang bekerja sangat sibuk untuk menjalankan banyaknya aplikasi. Untuk itu bersihkan memory RAM yang sedang berjalan. Caranya, tap Task Manager > RAM > tap Clear memory.
  3. Hapus aplikasi pemutar video youtube yang telah dipasang dari pengembang pihak ketiga.
  4. Hapus aplikasi Youtube itu sendiri kemudian install ulang dengan yang baru. Biasanya hal ini akan mudah dilakukan untuk android yang telah di root.
  5. Jika anda telah menghapus aplikasi youtube kemudian mengunduh dan menginstall ulang dari Play Store tetapi tetap tidak berjalan. Sebaiknya anda mencari versi youtube berupa file .apk dibawah versi yang saat ini ada di Play Store.
Penyebab atau keterang error yang ditampilkan pada saat membuka aplikasi youtube akan berbeda-beda. Untuk itu lakukan cara diatas untuk mengatasi aplikasi youtube yang tidak bisa dibuka di Android.
 
 
Search Populer
  •  youtube tidak bisa diputar di android
  • youtube tidak bisa dibuka di laptop
  • youtube tidak bisa dibuka di pc
  • kenapa youtube tidak bisa dibuka di google chrome
  • penyebab video youtube tidak bisa diputar
  • youtube tidak bisa dibuka firefox
  • sambungan ke server terputus youtube android
  • kenapa video youtube tidak bisa diputar di hp

2 comments for "Cara Memperbaiki Youtube Tidak Bisa Diakses di PC Maupun di Android"