9 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop Anda - Saat ini kebanyakan orang menggunakan laptop dan tablet sebagai alternatif desktop karena portabilitas dan kurang stres dalam menjaga kabel dan perangkat. Laptop kompak dan mudah digunakan dan semua perangkat input / output terhubung dengannya. Laptop memiliki semua dan beberapa fitur tambahan dibandingkan dengan desktop seperti dukungan WiFi inbuilt, Bluetooth, Webcam, Speakers, dukungan mikrofon, kurang takut akhirnya ditutup. Laptop hanya mengalami masa pakai baterai mereka. Baterai laptop menjadi turun jika kita menggunakannya tanpa tindakan pencegahan, perawatan dan tanpa informasi tentang cara menabung dan meningkatkan masa pakai baterai laptop . Beberapa orang mungkin menderita masa pakai baterai maka hanya pilihan yang tersisa untuk mereka adalah dengan mengganti baterai. Namun dengan menerapkan beberapa setting dan dengan mengikuti panduan penting lainnya laptop akan tampil lebih baik. Jika Anda memiliki laptop dan Anda menderita masa pakai baterai yang lemah maka Anda tidak perlu khawatir karena pada artikel ini kami akan menjelaskan beberapa tip yang membantu Anda meningkatkan masa pakai baterai laptop Anda dan melindunginya dari masalah penggantian. Jadi di sini kita sedikit tips terbaik tentang cara meningkatkan masa pakai baterai laptop..

Baca Juga:
 

Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop. ?

 

# 1. Nonaktifkan Perangkat dan Port yang Tidak Digunakan.

Cara sederhana untuk meningkatkan masa pakai baterai laptop adalah dengan menonaktifkan perangkat yang tidak digunakan saat ini misalnya melepas mouse USB eksternal, drive eksternal dll. Anda juga harus menjaga WiFi dan Bluetooth dan mematikan WiFi dan Bluetooth setelah menggunakannya. Untuk menonaktifkan perangkat yang tidak terpakai di Windows Anda harus membuka panel kontrol dan mencari pengelola perangkat. Di device manager, perangkat dikelompokkan berdasarkan kategori.

  Nonaktifkan perangkat port yang tidak digunakan
 
Catatan: - Anda harus mengurus komponen-komponen yang tanpanya Laptop Anda tidak berfungsi seperti hard drive Anda. Perlu diingat sebelum menonaktifkan perangkat pastikan bukan perangkat keras dasar yang diperlukan untuk kerja laptop.

 

# 2. Nonaktifkan Aplikasi dan Proses.

Cara kedua untuk meningkatkan masa pakai baterai laptop adalah dengan mematikan proses dan aplikasi yang tidak perlu karena beberapa aplikasi memerlukan waktu prosesor untuk memproses dan meningkatkan beban pada prosesor yang menggunakan baterai laptop secara berlebihan. Beberapa proses dimulai saat jendela mulai dan tetap memperkecil latar belakang dan mengkonsumsi baterai Anda. Untuk menutup proses ini tekan Ctrl + Alt + Del untuk membuka task manager dan menutup proses yang Anda inginkan.

  Pengelola Tugas

 

# 3.Turn On Your Battery Saver Mode.

Hal lain yang perlu diingat untuk memperbaiki masa pakai baterai laptop Anda adalah dengan menghidupkan mode hemat daya laptop Anda. Mode hemat daya ini akan menyesuaikan perangkat Anda secara otomatis dalam mode daya rendah dan memungkinkannya untuk menggunakan daya rendah. Ini akan memperbaiki masa pakai baterai sampai batas tertentu.

  penghemat baterai

 

# 4. Sesuaikan Pengaturan Laptop Anda.

Anda bisa menyesuaikan setting laptop Anda saat menggunakan mouse dan keyboard laptop Anda. Keyboard back light juga mengkonsumsi daya laptop Anda sehingga sampai Anda tidak dalam kegelapan Anda tidak perlu menyalakan lampu belakang keyboard Anda. Anda juga bisa membuat kunci panas untuk lampu belakang keyboard. Anda juga bisa menyesuaikan kecerahan layar laptop Anda sesuai kebutuhan Anda. Pada siang hari Anda bisa mengurangi kecerahan Anda untuk menghemat dan menambah masa pakai baterai laptop.

 

# 5. Kurangi Multitasking.

Multitasking berarti menjalankan lebih dari satu Apps secara bersamaan. Saat laptop anda terisi penuh kita tidak perlu mengurangi multitasking. Saat kami menjalankan lebih dari satu atau dua Apps pada saat bersamaan, prosesor mengambil lebih banyak beban untuk memprosesnya dan juga mengkonsumsi lebih banyak daya. Jika Anda membuka beberapa alat pengolah gambar maka jangan lupa untuk menutupnya setelah menggunakan karena alat ini mengambil lebih banyak pengolahan untuk dijalankan dan juga mengkonsumsi lebih banyak tenaga. Jadi kurangi multitasking jika kita tidak membutuhkannya.

 

# 6. Lebih suka Hibernate Alih-alih Standby.

Beberapa orang menaruh laptop di stand by mode meski ada beberapa pekerjaan lain yang harus dilakukan. Modus siaga menghemat beberapa baterai dan juga meningkatkan masa pakai baterai laptop. Modus siaga tidak sepenuhnya mengurangi konsumsi daya Anda. Jadi Anda harus memilih fungsi Hibernate daripada mode Standby. Fungsi Hibernate hanya menyimpan status sistem Anda dan benar-benar mematikan sistem 
Anda
Hibernate

.

# 7. Tingkatkan RAM Sistem Anda.

RAM adalah faktor lain yang mempengaruhi umur baterai laptop. Jika sistem anda memiliki RAM kurang maka aplikasi yang membutuhkan RAM lebih banyak harus menggunakan memori virtual. Untuk menggunakan sistem memori virtual harus mengakses harddisk setiap saat, operasi ini meningkatkan konsumsi daya. Jika sistem kita memiliki jumlah yang cukup maka kita mengurangi penggunaan memori virtual dan meningkatkan masa pakai baterai laptop.
 

 

# 8. Bersihkan Kontak Baterai Laptop Anda 

Anda harus membersihkan kontak baterai laptop Anda bersih setiap dua sampai tiga bulan sekali. Membersihkan kontak baterai Anda memungkinkan pengisian daya baterai dengan baik dan transfer daya yang bagus ke laptop dan meningkatkan masa pakai baterai Anda. Anda harus menggunakan alkohol, bensin putih untuk membersihkan kontak baterai.
 

# 9. Cegah Baterai Anda dari pengisian yang berlebihan.

Ini adalah faktor lain yang mempengaruhi hidup baterai laptop. Anda jangan lupa untuk melepaskan charger setelah pengisian penuh. Overcharging akan merusak baterai dan komponen sistem lainnya. Jadi jauhkan dari pengisian yang berlebihan.
Ini adalah beberapa tips menakjubkan untuk meningkatkan masa pakai baterai laptop. Kami berharap itu akan memperpanjang masa pakai baterai dan membuat perangkat lebih sehat.

Search Populer
  •  cara mengembalikan daya tahan baterai laptop
  • cara mengembalikan kapasitas baterai laptop
  • baterai laptop normal tahan berapa jam
  • daya tahan baterai laptop normal
  • kekuatan normal baterai laptop
  • daya tahan baterai laptop asus
  • perbedaan baterai 4 cell dan 6 cell
  • cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis

Post a Comment for "9 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop"