Saturday, 20 October 2018

Tips ampuh menghemat baterai xiaomi redmi note 4 (pengalaman pribadi)

Blogiseng.web.id - Ketika pertama kali menggunakan ponsel xiaomi redmi note 4 MTK terus terang saya sempat merasa kecewa karena ternyata perfomanya tidak sesuai dengan yang diharapkan, awalnya saya menganggap xiaomi redmi note 4 yang pada waktu itu merupakan keluaran terbaru akan sangat sempurna, ditambah lagi spesifikasinya yang cukup tinggi dengan memory 3 GB serta internal storage sebesar 64.
Namun ternyata Setelah menjadi penggunanya baru ketahuan, ternyata xiaomi redmi note 4 memiliki bug sistem dan beberapa kelemahan, bebera diantaranya baterai hp sangat boros padahal kapasitasnya sangat besar, serta masih ditemukannya bug-bug sistem yang membuat kamera, suara dan pemutar video lag tersendat-sendat.
Namun setelah melakukan update miui ke versi 8.2.1.0, semua permasalahan yang terdapat di hp xiaomi sesuai dengan apa yang saya temukan semuanya dapat teratasi dan pada akhirnya hp xiaomi redmi note 4 yang saya gunakan sekarang memiliki performa cukup optimal dan lebih stabil.
Tips menghemat konsumsi baterai xiaomi

Selain dapat memperbaiki lag pada kamera dan pemutar video xiaomi, ternyata update miui pun mampu memperbaiki performa baterai sehingga konsumsi baterai menjadi lebih hemat dan membuat xiaomi redmi note 4 saya tidak mudah panas lagi.
Walaupun berdasarkan pengalaman saya setelah melakukan upgrade baterai sudah cukup awet, sebenarnya ada cara-cara lainnya yang dapat membuat baterai smartphone xiaomi anda lebih hemat lagi, awet dan tahan lama. caranya akan saya uraikan di artikel ini:

Cara menghemat baterai xiaomi redmi note 4 (pengalaman pribadi)

Berikut ada langkah-langkah yang harus anda lakukan agar baterai hp xiaomi redmi note 4 anda baterainya lebih awet:
 

1. Jangan lupa update sistem xiaomi anda.

Yang pertama jangan lupa untuk melakukan update xiaomi redmi note 4 anda setiap kali tersedia pembaharuan, saya baru satu kali melakukan update ke versi miui 8.2.1.0 dan saya pribadi merasakan hasilnya cukup memuaskan, membuat sistem android xiaomi lebih stabil. 
 

2. Matikan Data selular saat hp di saku dan tidak ada sinyal

Untuk menghemat baterai jangan lupa selalu matikan data selular setiap kali hp disimpan disaku, atau ketika anda dalam kendaraan, karena ketika mobilitas anda cepat sinyal hp akan berubah-ubah yang membuat hp akan terus melakukan pencarian identitas jaringan yang tersedia di lokasi hp berada, ini bisa membuat hp anda cepat panas dan boros karena hp melakukan pencarian jaringan terus.
 

3. Aktifkan mode penghemat baterai

HP Xiaomi redmi note 4 secara bawaan memiliki aplikasi pengelola sistem yang cukup baik, salah satunya adalah adalah aplikasi schurity / keamanan, melalui aplikasi tersebut anda bisa mengatur penghemat baterai.Silahkan buka aplikasi schurity anda > kemudian pilih baterai > penghemat baterai, pastikan dalam kadaan aktif. dengan mengaktifkan penghemat baterai akan membuat sistem xiaomi anda akan mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang ketika kapasitas baterai 60% ke bawah.

Baca Juga:

Cara Mudah Mengatur waktu mati layar (lock screen) hp xiaomi



4. Matikan Syncronisasi

Matikan mode syncronisasi, mode sinkronisasi membuat hp xiaomi anda akan terus memantau notifikasi dari aplkasi-aplikasi yang menjalankan proses sinkronisasi seperti email, dan lain sebagainya, dengan mematikan mode sinkronisasi anda tidak akan mendapatkan notifikasi email secara otomatis, tapi tetap dengan membukanya notifikasi akan muncul, jadi silahkan pertimbangkan untuk menggunakannya, karena dengan menonaktifkan mode sync baterai hp akan semakin awet.
 

5. Aktifkan mode pesawat untuk hal-hal tertentu.

Sering-seringlah untuk mengaktifkan mode pesawat, misalnya ketika anda berkendara, ketika anda menjalankan ibadah ritual, atau ketika dalam rapat, lebih baik nonaktifkan mode pesawat, dengan sering mengaktifkan mode pesawat membuat baterai xiaomi anda akan semakin hemat dan tahan lama.

6. Batasi penggunaan widget

Percaya atau tidak penggunaan widget yang berlebihan bisa membuat baterai xiaomi anda boros, bukan hanya untuk xiaomi merk hp lainnya juga sama, apalagi widget yang membutuhkan mode sinkronisasi dan jaringan internet, oleh karena itu pertimbangakan untuk mengaktifkan widget, jika tidak terlalu penting lebih baik jangan diaktifkan. 
 

7. Hindari menggunakan HP secara berlebihan

Yang berikutnya untuk menghemat baterai adalah selalu menghindari penggunaan hp secara berlebihan sampai hp terasa panas, seperti untuk bermain game dalam waktu yang lama dan membuka aplikasi-aplikasi lainnya, jika ingin hemat baterai batasi aktivitas seperti itu, karena ketika hp panas ini biasanya akan membuat baterai cepat terkuras.
 

8. Manfaatkan wifi

Jangan lupa jika anda sering menggunakan hp anda untuk berselancar, lebih baik utamakan untuk mengguanakan wifi jika anda memiliki akses, karena dengan terhubung wifi walaupun hp anda sering digunakan berinternet hp akan lebih dingin dan bateraipun akan lebih awet daripada menggunakan data selular. Beda sekali dengan sistem xiaomi miui 8.1.x.x, setelah update dan melakukan cara-cara di atas hp xiaomi benar-benar sangat stabli, dulu sebelum update xiaomi cepat panas bahkan baterai sangat boros walaupun hp dalam keadaan standby / tidak digunakan, namun saat ini apalagi dengan miui 8.2.1.0 xiaomi semakin awet saja baterainya awet disimpan seharian, silahkan buktikan sendiri.
Itulah tentang tips cara Cara menghemat baterai xiaomi redmi note 4 berdasarkan pengalaman pribadi, semoga bermanfaat juga untuk anda.


EmoticonEmoticon