Solusi Mengatasi Baterai Hp Android Tidak Bisa Mengisi Ketika Di Cas / Charge

Blogiseng.web.id - Baterai android - Bagaimana cara mengatasi baterai hp android yang tidak bisa dicas atau dicharge tidak penuh ? Baterai handphone merupakan part pada sebuah ponsel yang dapat di bilang paling vital untuk sebuah gadget karena hp android tidak akan dapat hidup jika tidak ada sebuah batre. Namun apa jadinya jika hp dicas tapi tidak mengisi pada hal kita sudah mencoba cara mengisi baterai android dengan cepat. Pada kasus baterai android tidak bisa full ketika sedang diisi daya atau dicharge tentu memiliki penyebab dan solusi untuk memperbaikinya karena tidak akan ada masalah yang tidak bisa diatasi.

Salah satu faktor penyebab hp android tidak bisa di cas adalah terlalu seringnya smartphone android yang kita miliki dicharge tidak menggunakan charger bawaan dari handphone itu sendiri. Dari beberapa hal yang menyebabkan baterai gak nambah bahkan malah berkurang saat di cas, seringkali kali dikarenakan oleh charger ponsel itu sendiri. Jadi ketika anda mengalami masalah baterai gak penuh penuh bahkan sudah lama di cas bahkan sampai terjadi baterai android anda malah berkurang ketika dicharge, jangan terburu - buru untuk membelikan baterai baru karena bisa jadi masalahnya terdapat pada kabel dan charger itu sendiri.
Disni kami akan mencoba berbagi pengalaman yang pernah saya alami ketika sudah 3 jam saya cas hp, baterainya gak kunjung penuh. Jangankan penuh nambah sedikit aja tidak, saya atasi masalah tersebut dengan cara yang akan saya sampaikan pada postinga saya ini. Jadi simak artikel kami kali ini yang membahas mengenai cara mengatasi baterai android tidak bisa full dibawah ini.
hp tidak bisa di cas

Berikut ini merupakan solusi baterai smartphone android yang tidak bisa dicas / dicharge :


1. Periksa Kabel
Solusi baterai android yang tidak bisa dicas adalah dengan mencoba mengisi baterai dengan menggunakan kabel USB yang baru. Jika cara ini berhasil berarti permasalahanya pada kabelnya, maka silahkan ganti kabel yang baru. Beberapa hal yang menyebabkan charger rusak seperti :
  • Sering menggulung kabel charger.
  • Tidak mencabut charger pada saat tidak digunakan.
  • dan beberapa hal sepele lain yang dapat mempersingkat umur charger.

2. Periksa port USB
Solusi baterai android yang tidak bisa dicas adalah cukup keluarkan baterai dari hp android kamu dan gunakan tusuk gigi / lidi untuk mendorong port USB kedalam. Setelah anda melakukan cara ini, kemungkinan besar dapat mengatasi permasalah hp android yang tidak bisa nge-charge baterai. Hal ini terjadi karena mungkin bahwa port USB dari telepon Anda tidak sepenuhnya terhubung dengan charger USB. 

3. Bersihkan port USB
Solusi baterai android yang tidak bisa dicas adalah membersihkan kotoran atau debu port usb pada charger, charger mungkin tidak dapat terhubung langsung dengan titik pengisian di dalam port usb pada perangkat android. Permasalahan ini kemungkinan besar terjadi bila anda menggunakan ponsel anda di lingkungan yang berdebu atau di lapangan kerja yang dekat dengan jalanan.

4. Charge Hp Android anda dalam keadaan mati
Melakukan pengisian daya ketika handphone android dalam keadaan mati memang sangat direkomendasikan, selain untuk mempercepat proses pengisian daya cara ini juga dapat memperpanjang umur baterai pada perangkat android kamu. Karena pada saat ponsel dimatikan maka proses pengisian akan lebih terfokus tanpa ada pengurangan terhadap daya di baterai android.

5. Kurang Daya
Sebagai cara menghemat baterai android anda maka sangat dianjurkan untuk menggunakan charger yang original, jika anda menggunakan charger yang tidak kompatibel dengan ponsel  dalam arti lain voltase pada charger dengan permintaan baterai pada hp android tidak sesuai tentu tidak sesuai dengan beban baterai untuk memproses perangkat smartphone. Hal ini dapat membuat baterai semakin terkuras pada tingkat yang lebih cepat . Sehingga ketika hp android dalam keadaan drop, charger tidak mampu untuk mengisi daya pada perangakat.

6. Memperbarui System Android
Faktor penyebab lainnya mengapa hp android tidak bisa dicas karena anda telah melakukan upgrade system / aplikasi android. Apakah berpengaruh ? Bisa jadi bahwa ponsel lama android anda tidak kompatibel dengan system / aplikasi yang baru.  Solusi baterai android yang tidak bisa dicas adalah cobalah untuk mengembalikan kondisi hp android ke sebelumnya.

Tips Lain Untuk Mengatasi Baterai Hp Yang Tidak Bisa Di Charger


Beberapa cara sederhana lainnya untuk mengatasi hp android yang tidak bisa melakukan pengisian daya adalah dengan melakukan langkah sebagai berikut :
  1. Langkah pertama adalah mematikan hp android anda.Lalu keluarkan baterai android dan tunggu hingga kurang lebih 10 detik.
  2. Kemudian pasang pengisian daya ke perangkat android anda.
  3. Pasang kembali baterai android anda tersebut dan coba hidupkan kembali.


Jika cara diatas sudah anda lakukan namun belum membuahkan hasil untuk mengatasi hp android dicas tidak penuh - penuh, maka anda perlu untuk menguji kerusakan pada ponsel android kita. Berikut hasil analisa dari masalah hp yang tidak mengisi daya dan cara memperbaikinya :
  1. Jika pada layar muncul pesan "Not Charging" atau saat melakukan isi ulang (charging) ada indikator berjalan tapi baterai smartphone tidak bertambah, atau juga mengisi ulang (nge-cas) tetapi indikator batteray diam saja maka bisa dipastikan kerusakan ada pada IC-Chargernya.maka solusinya adalah gantilah IC-Chargernya dengan yang baru.
  2. Ponsel selesai mengisi daya (batteray full) tetapi indikator pengisian tetep jalan terus maka IC-Powernya yang rusak maka solusi baterai android yang tidak bisa dicas dengan mengganti IC yang baru.
  3. Handphone tidak sedang dicas, tetapi indikator batre jalan terus berarti software (SW) yang rusak. Solusi untuk mengatasi baterai android anda adalah dengan melakukan program ulang (flash) dengan versi yang lama. 
  4. Ponsel setiap mau dicharge selalu mati maka IC-Charge atau IC-Powernya rusak. Lakukan pengecekan dan pengetesan pada kedua IC tersebut kemudian ganti dengan yang baru.
  5. Setelah mengisi ulang (charger) ponsel dengan charger, ada kebocoran listrik sebelum tombol power on ditekan atau setelah ditekan tidak mau nyala dan itu bisa disebabkan ada kebocoran pada kapasitas power suplai. Sasarannya tetap IC power ,IC UI, IC PA yang terhubung dengan tegangan batteray VBATT, unit - unit yang rusak dan sering menimbulkan masalah adalah IC Power, IC UI karena IC Power merupakan BGA yaitu IC yang terintregasi. Oleh karena itu memperbaikinya dengan melepas IC UI, kemudian mengisi ulang (charge) kembali ponsel. Perhatikan apa ada kebocoran listrik, jika tidak IC UI yang rusaknamun jika ada berarti IC Power yang rusak dan solusinya dengan mengganti IC yang rusak tersebut.
  6. Kita mengisi daya (charge) ponsel, kemudian tekan tombol ON tapi ponsel tidak nyala dan tidak ada arus listrik yang masuk ke ponsel. Maka lakukan pengecekan pada R224 jika kedua ujung tidak memiliki tegangan VBAT 3,2V berarti IC Power rusak atau penyolderan yang kurang baik pada IC Power. Maka dari itu gantilah IC Power yang rusak atau lakukan penyolderan ulang.

Demikian postingan kami kali ini yang baru saja membahas masalah baterai android yang tidak bisa dicas. Sebenarnya untuk menganalisa kerusakan pada IC Charge / IC Power hp android hampir sama ketika kita sedang mengalami masalah pada baterai laptop ( Plugged in Not Charging ). Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Solusi Mengatasi Baterai Hp Android Tidak Bisa Mengisi Ketika Di Cas / Charge"