Thursday, 18 October 2018

Solusi "Aplikasi Telah Berhenti" Selalu Muncul Di Hp OPPO

blogiseng.web.id - Aplikasi terhenti - Bagaimana cara mengatasi aplikasi terhenti secara tiba - tiba yang selalu muncul pada hp android oppo ? Sebagai pengguna smartphone android tentu kita pernah menjumpai notifikasi "Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti" yang membuat aplikasi keluar sendiri. Tentu masalah yang dapat dikatakan berasal dari sistem android berhenti tiba tiba ini jika kita biarkan terus menerus tentu akan mengganggu kenyamanan kita dalam penggunaan suatu ponsel android. Hal ini dikarenakan setiap muncul pemberitahuan "sayangnya aplikasi telah berhenti" ataupun "Unfortunately, App Has Stopped" pada hp oppo mengakibatkan aplikasi tidak menanggapi.
Sebenarnya masalah aplikasi tidak menanggapi seperti macet, lag / aplikasi keluar sendiri, muncul pesan error "proses com android phone terhenti ", tiba - tiba berhenti dan lainnya sudah sering terjadi pada HP OPPO seperti pada OPPO Yoyo, OPPO r827, OPPO r831, OPPO R1001, OPPO Find 5 Mini, dan beberapa tipe OPPO lainnya. Namun user ponsel oppo tersebut jarang menyadari mengapa notifikasi layanan google play terhenti selalu muncul pada hp android yang mereka miliki. Lantas bagaimana cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di hp oppo tersebut ? Sering kali jika sayangnya google play store telah berhenti solusinya kita sebagai pengguna oppo hanya melakukan restart smartphone android saja.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba berbagi tips untuk mengatasi force close pada aplikasi android oppo tersebut. Dengan harapan agar masalah munculnya pesan pada layar hp oppo "Sayangnya, Bilah Status Telah Berhenti" dapat teratasi secara total dan tidak selalu muncul secara mendadak lagi. Sehingga kita tidak akan mengalami masalah aplikasi keluar sendiri ketika sedang menggunakan instagram, facebook, bbm, line maupun aplikasi game lainnya. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi aplikasi yang terhenti sendiri di smartphone android oppo di bawah ini.
cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti
Mungkin pada ulasan disini kami akan membahas mengenai solusi dari hp android oppo yang selalu muncul pesan "sayangnya aplikasi telah berhenti" namun tidak menutup kemungkinan masalah aplikasi yang terhenti sendiri ini juga terjadi pada ponsel android tipe lainnya. Oleh karena itu anda dapat juga mengaplikasikan cara ini pada perangkat Android lain seperti Samsung, Lenovo, Xiaomi, Asus Zenfone, HTC, LG, dan lainnya untuk mengatasi aplikasi instagram yang sering terhenti sendiri. Langkah - langkah mengatasi pesan error pada oppo smartphone yang dapat kita coba adalah sebagai berikut :

Cara mengatasi aplikasi berhenti tiba tiba pada android


1. Kelola RAM pada smartphone android oppo yang kita milikiSalah satu yang menjadi penyebab aplikasi tidak menanggapi di oppo smartphone adalah system yang dipakai untuk menjalankan aplikasi terlalu banyak sehingga ruang penyimpanan RAM tidak mencukupi. Untuk itu kita perlu melakukan langkah - langkah sebagai berikut :
  • Masuk pada menu pengaturan >> kelola aplikasi >> menjalankan >> tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang layar.

2. Tempat penginstallan aplikasi yang tidak benarUntuk itu langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah :
  • Masuk pada menu setelan >> penyimpanan >> lokasi penyimpanan yang disukai >> ditentukan system.

3. Hapus Cache dan Data Aplikasi
cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti

Menghapus file sampah dan data dari aplikasi yang bermasalah juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi aplikasi terhenti terus menerus. Memang cara ini merupakan langkah terbaik mengatasi masalah munculnya pesan error pada layar hp android oppo namun dengan menghapus data aplikasi akan menghilangkan semua file temporary seperti history, basis data, cache, bookmark, data login, dan lainnya. Berikut langkah mudah untuk menghapus data aplikasi yang dapat kita coba, diantaranya :
  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan  >> Manajemen Aplikasi  >> Cari “Nama Aplikasi”  >> setelah itu tap “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

Note :
Jika sistem smartphone android yang anda gunakan berbeda, anda dapat menyesuaikannya sendiri sebab langkah diatas kami lakukan pada hp android yang sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1.4. Install Ulang Aplikasi Yang Rusak

cara memperbaiki sayangnya aplikasi telah berhenti
Langkah berikutnya yang perlu untuk kita lakukan jika cara diatas belum dapat untuk mengatasi masalah proses sistem tidak menanggapi pada android adalah dengan menghapus aplikasi dan menggantinya dengan yang baru. Agar hasil lebih maksimal kita tidak cukup hanya dengan menghapus aplikasi saja namun juga harus membersihkan file cache dan me-reboot oppo smartphone tersebut. Jika sistem smartphone android yang anda gunakan berbeda, anda dapat menyesuaikannya sendiri sebab langkah berikut ini kami lakukan pada hp android yang sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Berikut langkah - langkah untuk menghapus aplikasi yang perlu kita lakukan adalah :
  • Buka menu Pengaturan >> Setelan Tambahan >> Manajemen Aplikasi >> Cari “Nama Aplikasi” >> Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

5. Wipe Data Melalui Recovery ModeApabila dari cara - cara diatas sudah kita lakukan namun oppo smartphone masih saja terdapat notifikasi "sayangnya aplikasi telah berhenti" ataupun "Unfortunately, App Has Stopped" maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan wipe data. Melakukan Wipe data akan membersihkan semua aplikasi yang terinstall, dan hal ini akan membuat OPPO kembali normal. Namun, sebelum kita mencoba melakukan Wipe data, pastikan kita sudah mem-backup semua data penting yang kita miliki ke memori atau komputer. Dan untuk melakukan Wipe Data & Cache, mari ikuti langkah - langkah dibawah ini :
  1. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah dengan matikan HP OPPO yang kita miliki tersebut. Selanjutnya tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan sampai pada LOGO OPPO, dan secara otomatis kita akan dibawa pada menu Recovery Mode.
  2. Pilih Opsional “Bahasa Inggris” untuk memudahkan kita melakukan Wipe Data & Cache. Pilih “Wipe Data” dan tunggu sampai proses Wipe (Pembersihkan) Selesai.
  3. Setelah itu lakukan Restart pada HP OPPO yang kita miliki tersebut.
  4. Selesai.

6. Upgrade sistem operasi OPPO SMARTPHONEJika dari semua langkah - langkah diatas sudah kita coba namun aplikasi masih saja terhenti sendiri secara tiba - tiba dan pesan error masih saja selalu muncul maka langkah terakhir yang dapat kita lakukan adalah dengan melakukan upgrade sistem operasi pada hp oppo yang kita miliki. Cara ini terbilang cukup ampuh dari beberapa sumber yang bisa dipercaya akan tetapi untuk melakukannya tidaklah mudah. Untuk mari kita simak baik - baik tutorial meng-upgrade sisem operasi pada ponsel oppo untuk mengatasi aplikasi yang error atau bermasalah berikut ini.
  1. Pertama - tama yang perlu untuk kita lakukan adalah mengunduh Stock ROM OPPO Smartphone melalui : https://www.oppo.com/id/downloads%C2%A0
  2. Setelah itu copy Stock ROM Oppo ke Memori Eksternal (SD Card)
  3. Langkah berikutnya masuk pada  menu recovery OPPO dengan cara tekan dan tahan tombol “Volume Down + Power” secara bersamaan hingga muncul RECOVERY MODE dipojok bawah layar dan lepas kedua tombol volume dan power. Tunggu beberapa saat sampai Oppo akan masuk ke menu Recovery Mode.
  4. Lalu pilih "Bahasa English" untuk mempermudah proses kita selanjutnya
  5. Pilih "Wipe Data And Cache" >> "Wipe Data And Cache" >> konfirmasi pilih "Yes"
  6. Pilih "Instal from SD"
  7. Pilih "From SD"
  8. Klik Stock ROM Oppo yang sudah kita simpan ke dalam SD Card dan Konfirmasi pilih YES.
  9. Proses Update OS Oppo akan berlangsung dan muncul "Updating, Please wait" tunggu proses update OS OPPO sampai selesai.
  10. Setelah proses upgrade sistem selesai, HP OPPO yang kita miliki tersebut akan nyala dengan sendirinya.
  11. Langkah terakhir adalah dengan melakukan pengecekan dengan cara membuka suatu aplikasi dan tunggu apakah pesan error sayangnya aplikasi telah berhenti masih muncul atau tidak

Demikian tutorial layanan aplikasi terhenti selalu muncul di layar ponsel oppo yang dapat untuk kita lakukan sendiri. Namun apabila kita kurang yakin untuk melakukan beberapa langkah diatas maka sebaiknya bawa oppo smartphone yang anda miliki ke service center terdekat. Semoga langkah - langkah diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..


EmoticonEmoticon