Mengenal Microsoft Excel dan Fitur di Microsoft Excel

Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang digunakan untuk mencatat dan menganalisa data numerik. Pikirkan spreadsheet sebagai kumpulan kolom dan baris yang membentuk tabel. Huruf abjad biasanya ditugaskan ke kolom dan angka biasanya ditugaskan ke baris. Titik di mana kolom dan satu baris bertemu disebut sel. Alamat sel diberikan dengan huruf yang mewakili kolom dan angka yang mewakili satu baris. Mari kita gambarkan ini dengan menggunakan gambar berikut.
 
Mengapa saya harus belajar Microsoft Excel?
Kita semua berurusan dengan angka dengan satu atau lain cara. Kita semua memiliki biaya harian yang kita bayar dari penghasilan bulanan yang kita hasilkan. Bagi seseorang untuk menghabiskan dengan bijak, mereka perlu mengetahui pendapatan vs. pengeluaran mereka. Microsoft Excel sangat berguna saat kita ingin merekam, menganalisis dan menyimpan data numerik tersebut.




 Dimana saya bisa mendapatkan Microsoft Excel?
Ada beberapa cara di mana Anda bisa mendapatkan Microsoft Excel. Anda bisa membelinya dari toko komputer hardware yang juga menjual software. Microsoft Excel adalah bagian dari rangkaian program Microsoft Office. Sebagai alternatif, Anda dapat mendownloadnya dari situs web Microsoft namun Anda harus membeli kunci lisensi.


Bagaimana cara membuka Microsoft Excel?

Menjalankan Excel tidak berbeda dengan menjalankan program Windows lainnya. Jika Anda menjalankan Windows dengan GUI seperti (Windows XP, Vista, dan 7) ikuti langkah-langkah berikut.
  • Klik pada start menu
  • Arahkan ke semua program
  • Arahkan ke Microsoft Excel
  • Klik pada Microsoft Excel
Sebagai alternatif, Anda juga bisa membukanya dari menu start jika sudah ditambahkan di sana. Anda juga bisa membukanya dari shortcut desktop jika sudah membuatnya.
Untuk tutorial ini, kita akan bekerja sama dengan Windows 8.1 dan Microsoft Excel 2013. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menjalankan Excel di Windows 8.1
  • Klik pada start menu
  • Cari Excel NB bahkan sebelum Anda mengetik, semua program dimulai dengan apa yang telah Anda ketik akan tercantum.
  • Klik pada Microsoft Excel
Gambar berikut menunjukkan cara melakukannya




Memahami Ribbon

Pita memberikan jalan pintas ke perintah di Excel. Perintah adalah tindakan yang dilakukan pengguna. Contoh perintah adalah membuat dokumen baru, mencetak dokumen, dll. Gambar di bawah menunjukkan pita yang digunakan pada Excel 2013





Komponen pita dijelaskan

Tombol start pita - digunakan untuk mengakses perintah yaitu membuat dokumen baru, menyimpan pekerjaan yang ada, mencetak, mengakses opsi untuk menyesuaikan Excel, dll.
Tab pita - tab digunakan untuk mengelompokkan perintah serupa bersama-sama. Tab home digunakan untuk perintah dasar seperti memformat data agar lebih rapi, menyortir dan menemukan data tertentu dalam spreadsheet.
Bar pita - batang digunakan untuk mengelompokkan perintah serupa bersama-sama. Sebagai contoh, pita pita Alignment digunakan untuk mengelompokkan semua perintah yang digunakan untuk menyelaraskan data secara bersamaan.
 

Memahami lembar kerja (Rows and Columns, Sheets, Workbooks)

Lembar kerja adalah kumpulan baris dan kolom . Saat sebuah baris dan kolom bertemu, mereka membentuk sebuah sel. Sel digunakan untuk merekam data. Setiap sel dikenali secara unik menggunakan alamat sel. Kolom biasanya diberi label dengan huruf sementara baris biasanya angka.
Buku kerja adalah kumpulan lembar kerja . Secara default, buku kerja memiliki tiga sel di Excel. Anda dapat menghapus atau menambahkan lebih banyak lembar agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Secara default, lembaran diberi nama Sheet1, Sheet2 dan sebagainya dan sebagainya. Anda bisa mengganti nama sheet menjadi nama yang lebih berarti yaitu Daily Expenses, Monthly Budget, dll.




Kustomisasi Microsoft Excel Lingkungan

Secara pribadi saya suka warna hitam, jadi tema excel saya terlihat kehitam-hitaman. Warna favorit Anda bisa biru, dan Anda juga bisa membuat warna tema Anda terlihat seperti biru. Jika Anda bukan seorang programmer, Anda mungkin tidak ingin menyertakan tab ribbon yaitu pengembang. Semua ini dimungkinkan melalui penyesuaian. Di sub-bagian ini, kita akan melihat;
  • Kustomisasi pita
  • Menetapkan tema warna
  • Pengaturan untuk formula
  • Pengaturan pemeriksaan
  • Simpan Pengaturan

Kustomisasi pita




 Gambar di atas menunjukkan pita default di Excel 2013. Mari mulai dengan menyesuaikan pita, misalkan Anda tidak ingin melihat beberapa tab pada pita, atau Anda ingin menambahkan beberapa tab yang hilang seperti tab pengembang. Anda bisa menggunakan jendela pilihan untuk mencapainya.
  • Klik pada tombol start pita
  • Pilih pilihan dari menu drop down. Anda harus bisa melihat jendela dialog Opsi Excel
  • Pilih pilihan pita pilihan dari panel sisi kiri seperti ditunjukkan di bawah ini


  • Di sisi kanan Anda, lepaskan tanda cek dari tab yang tidak ingin Anda lihat di pita. Untuk contoh ini, kami telah menghapus tab Page Layout, Review, dan View.
  • Klik tombol "OK" bila sudah selesai.
Pita Anda akan terlihat seperti berikut




Menambahkan tab khusus ke pita

Anda juga dapat menambahkan tab Anda sendiri, berikan nama kustom dan tetapkan perintah ke sana. Mari kita tambahkan tab ke pita dengan teks Guru99





  1. Klik kanan pada pita dan pilih Customize the Ribbon. Jendela dialog yang ditunjukkan di atas akan muncul
  2. Klik tombol tab baru seperti yang diilustrasikan pada gambar animasi di bawah ini
  3. Pilih tab yang baru dibuat
  4. Klik tombol Rename
  5. Beri nama Guru99
  6. Pilih tab New Group (Custom) di bawah Guru99 seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini
  7. Klik tombol Rename dan beri nama My Commands
  8. Mari sekarang tambahkan perintah ke bilah pita saya
  9. Perintah dicantumkan pada panel tengah
  10. Pilih Semua jenis perintah dan klik tombol Add
  11. Klik OK
Pita Anda akan terlihat seperti berikut




Menetapkan tema warna

Untuk mengatur tema warna untuk lembar Excel Anda, Anda harus membuka pita Excel, dan klik pada perintah à File àOption. Ini akan membuka jendela di mana Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut.




  1. Tab umum pada panel sebelah kiri akan dipilih secara default.
  2. Carilah skema warna di bawah opsi Umum untuk bekerja dengan Excel
  3. Klik pada daftar drop-down skema warna dan pilih warna yang diinginkan
  4. Klik tombol OK

Pengaturan untuk formula

Pilihan ini memungkinkan Anda untuk menentukan bagaimana Excel berperilaku saat Anda bekerja dengan formula . Anda dapat menggunakannya untuk menetapkan pilihan yaitu pelengkapan otomatis saat memasukkan formula, mengubah gaya referensi sel dan nomor penggunaan untuk kolom dan baris dan opsi lainnya.




 Jika Anda ingin mengaktifkan sebuah opsi, klik pada kotak centangnya. Jika Anda ingin menonaktifkan pilihan, hapus tanda dari kotak centang. Anda dapat memilih opsi ini dari jendela dialog Options di bawah tab rumus dari panel sisi kiri

Pengaturan pemeriksaan


 Opsi ini memanipulasi teks yang dimasukkan ke excel . Ini memungkinkan pengaturan pilihan seperti bahasa kamus yang harus digunakan saat memeriksa ejaan yang salah, saran dari kamus, dll. Anda dapat memilih opsi ini dari jendela dialog pilihan di bawah tab pemeriksaan dari panel sisi kiri

Simpan Pengaturan

 Pilihan ini memungkinkan Anda untuk menentukan format file default saat menyimpan file, mengaktifkan pemulihan otomatis jika komputer Anda mati sebelum Anda dapat menyimpan pekerjaan Anda, dsb . Anda dapat menggunakan opsi ini dari jendela dialog Options di bawah tab save dari panel sisi kiri

Cara pintas Excel yang penting

Ctrl + P Digunakan untuk membuka jendela cetak dialog
Ctrl + N Membuat workbook baru
Ctrl + S Menghemat buku kerja saat ini
Ctrl + C Salin isi dari pilih saat ini
Ctrl + V Paste data dari clipboard
SHIFT + F3 Menampilkan fungsi insert dialog window
SHIFT + F11 Membuat lembar kerja baru
F2 Periksa rumus dan rentang sel yang tertutup

Praktik Terbaik saat bekerja dengan Microsoft Excel

  1. Simpan buku kerja dengan kompatibilitas ke belakang. Jika Anda tidak menggunakan fitur terbaru dalam versi Excel yang lebih tinggi, Anda harus menyimpan file Anda pada format * * xls 2003 untuk kompatibilitas mundur.
  2. Gunakan nama deskripsi untuk kolom dan lembar kerja di buku kerja
  3. Hindari bekerja dengan formula kompleks dengan banyak variabel . Cobalah untuk memecahnya menjadi hasil terkelola kecil yang dapat Anda gunakan untuk membangunnya
  4. Gunakan fungsi built-in kapan pun Anda bisa menulis formula Anda sendiri

Ringkasan

  • Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang hebat yang digunakan untuk merekam, memanipulasi, menyimpan data numerik dan dapat disesuaikan agar sesuai dengan preferensi Anda
  • Pita digunakan untuk mengakses berbagai perintah di Excel
  • Jendela dialog pilihan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sejumlah item yaitu pita, formula, pemeriksaan, simpan, dll.
 

Post a Comment for "Mengenal Microsoft Excel dan Fitur di Microsoft Excel "