Contoh Surat Izin Lengkap Baik dan Benar Terbaru

Surat izin tidak masuk sekolah ini biasanya dibuat oleh siswa yang sedang berhalangan untuk masuk sekolah. Entah itu karena sakit, ada urusan keluarga, ataupun yang lainnya. Surat izin tidak masuk sekolah mempunyai tujuan untuk memberitahukan kepada pihak sekolah bahwa siswa yang tercantum namanya di surat tersebut berhalangan hadir untuk belajar di sekolah.Meskipun surat ini masih tergolong sebagai surat pribadi, dalam penulisan surat izin sekolah ini berbeda saat kita menulis sebuah surat untuk teman kita.Perbedaan yang paling mendasar adalah terletak pada ragam bahasa yang digunakan pada saat menulis surat. Menulis surat izin harus menggunakan bahasa yang formal dengan menggunakan kata-kata yang baku, hal ini dikarenakan akan ditujukan kepada instansi resmi seperti yayasan atau lembaga sekolah terkait.

Untuk menulis surat izin sekolah, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, misalnya pengirim surat, alasan membuat surat izin tersebut, dan tujuan dari surat izinnya.

Pengirim Surat
Pengirim surat harus berisi mengenai informasi siapa yang mengirim surat izinnya. Biasanya, surat izin tidak masuk sekolah nama pengirimnya mencantumkan nama dari orang tua atau wali siswa/siswi yang berhalangan hadir.

Alasan Surat Izin
Bagian dari alasan ini harus menyatakan mengenai alasan yang menyebabkan siswa/siswa berhalangan hadir untuk sekolah. Entah itu akrena sakit, ada urusan keluarga, atau bahkan kebutuhan yang penting lainnya.

Tujuan Surat Izin
Berisi informasi mengenai kepada siapa surat izin ini nantinya akan ditujukan. Apakah langsung kepada Kepala Sekolah atau kepada wali kelas siswa/siswi yang bersangkutan.
Oleh sebab itu surat izin termasuk dalam kategori surat resmi. Tentu saja harus menggunakan format standar surat resmi. Nah berikut ini adalah poin-poin penting yangharus kamu perhatikan sebelum membuat surat izin :
  1. Tanggal Surat
  2. Alamat Surat
  3. Salam Pembuka
  4. Kalimat Pembuka Surat
  5. Isi Surat
  6. Salam Penutup
  7. Nama Pengirim
Nah jika kamu sudah mengerti poin-poin yang ada diatas, sekarang langsung saja kita beralih ke contoh surat izin tidak masuk sekolah dengan alasan berbagai hal. Berikut ini adalah ulasannya :


Nomor    : 034/SMKN-1/IV/2015
Lampiran : 1 buah proposal
Hal          : Permohonan Izin Kegiatan
Yth.
Kepala sekolah SMKN 1 Medan
Di tempat
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, dan semoga kita selalu dalam limpahan iman kepada-Nya. Sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW hingga akhir zaman.
Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan Pameran akhir tahun yang Insyaallah akan diselenggarakan pada :
Hari/Tanggal    : Minggu, 1 November 2015
Waktu             : 09.00 WIB sampai selesai
Tempat            : Gedung serba guna SMKN 1 Medan
Untuk keberlangsungan kegiatan tersebut, maka kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan di tempat tersebut.
Mengingat akan pentingnya kegiatan ini, kami berharap agar permohonan izin penggunaan tempat ini di kabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksanakan. Atas perhatian dan dukungan yang di berikan kami ucapkan banyak terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Ketua Panitia
Suhendi

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Yang terhormat,
Kepala Bagian Personalia
PT. Anisa Baru
di tempat Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama     : Suhendar
Alamat   : Jln. Tgk. Mukhtar No. 54 Banda Aceh
Jabatan  : Staff Administrasi PT. Anisa Baru
Dengan ini bermaksud untuk memohon izin untuk tidak dapat masuk kerja selama 5 hari terhitung sejak hari ini dikarenakan sakit. Bersama surat ini pula saya sertakan surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter Rumah Sakit Meuraxa Banda Aceh.
Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.
Banda Aceh, 29 Agustus 2016
Hormat saya,
Suhendar

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah
Banda Aceh, 1 September 2016 Kepada,
Yth. Bpk. (Nama Dosen Mata Kuliah)
di - Universitas Syiahkuala
Dengan Hormat,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                  : Andri Muliadi
NIM                    : 1234562014
Ruang                 : 4
Program Studi     : Ekonomi Pembangunan
Fakultas             : Ekonomi
Mengajukan izin dan permohonan maaf karena tidak dapat mengikuti mata kuliah Statistik pada hari Kamis, 1 September 2016 dikarenakan harus menghadiri acara pernikahan kakak kandung saya di Medan. Mengingat pentingnya acara tersebut, maka saya mohon agar Bapak dapat memberikan izin kepada saya. Mengenai materi kuliah dan tugas yang mungkin akan diberikan, saya siap menerimanya dan akan berkoordinasi dengan teman yang mengikuti perkuliahan tersebut.
Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi, dan atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya
Andri Muliadi

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah
Bandung, 30 Agustus 2016 Kepada Yth:
Ibu Guru Wali Kelas XII-A
SMAN 1 Coblong Kota Bandung
Dengan hormat,
Dengan ini saya orang tua / wali murid dari :
Nama   : Marini
Siswa   : Kelas XII-A SMAN 1 Coblong Bandung
Alamat : Jln. Malioboro No. 33 Coblong Bandung
memberitahukan bahwa anak saya yang namanya tersebut diatas tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Selasa 30 Agustus 2016 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, sudilah kiranya Ibu Guru Wali Kelas XII-A memberikan izin.
Demikian surat izin saya buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terima kasih.
Hormat Saya,
Orang tua/Wali murid
Sumarni

Contoh Surat Izin Mengikuti Kegiatan
Makassar, 2 September 2016 Perihal : Surat Pemberitahuan Izin Orang Tua
Yth. Bapak/Ibu Wali Murid
Di  tempat
Dengan hormat,
Sehubungan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Perpisahan Kelas XII SMAN 1 Makassar, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Tanggal    : 12 - 13 September 2016
Tempat    : SMAN 1 Makassar
Kegiatan  : Acara Perpisahan Kelas XII
Maka kami mengharapkan Bapak / Ibu wali murid untuk dapat memberikan izin kepada anaknya agar dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Demikianlah surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Diketahui,
Kepala Sekolah,                                                                                         Ketua Panitia
(Nama Kepala Sekolah)                                                                         (Nama Ketua Panitia)

 
 
Balikpapan, 28 Februari 2017
Kepada
Yth. Bapak/Ibu guru (Wali kelas XII IPA 2) SMAN 2 Balikpapan
di- Tempat

Dengan hormat
Saya orang tua dari siswa yang bernama :

Nama : Muhammad Lutfi Aji Arya Putra
Kelas : XII IPA 2 SMAN 2 Balikpapan
Alamat : Perumahan Graha Indah, Balikpapan

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa hadir untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, rabu 28 Februari 2017 dikarenakan ada keperluan mendesak di luar kota.
Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Rahayu
 
 

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Urusan Keluarga



Samarinda, 11 Januari 2017
Kepada
Yth. Bapak/Ibu guru (Wali kelas XI IPS 4) SMAN 2 Samarinda
di- Tempat

Dengan hormat
Saya orang tua dari siswa yang bernama :
Nama : Raihan Jannata Trias Putra
Kelas : XI IPS 4 SMAN 2 Samarinda
Alamat : Perumahan Graha Indah, Samarinda

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak bisa hadir untuk mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, selsa 11 Januari  2017 dikarenakan ada acara pernikahan keluarga di Balikpapan, sehingga kami harus menghadiri acara tersebut.
Oleh karena itu sudilah Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin kepada anak saya. Demikian surat ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Shafira Nurlita

 
 
Demikianlah beberapa contoh surat izin yang dapat saya bagikan pagi hari ini, semoga bisa Anda jadikan bahan rujukan dalam membuat surat izin yang Anda butuhkan. Ketiga contoh di atas hanyalah sebagai contoh, nama tempat yang tercantum di dalam surat hanyalah fiktif, silahkan diubah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Dan jika contoh surat izin di atas berguna


Post a Comment for "Contoh Surat Izin Lengkap Baik dan Benar Terbaru"