Thursday, 18 October 2018

Cara ampuh atasi error galeri android tidak bisa dibuka (sayangnya galery telah berhenti / unfortunately gallery has stopped / tidak memiliki izin)

Blogiseng.web.id - Di artikel kali ini saya akan bahas bagaimana cara ampuh mengatasi error galeri android tidak bisa dibuka (sayangnya galery terlah berhenti / unfortunately gallery has stopped).
Galery di hp android merupakan aplikasi bawaan yang sudah terinstal dengan paket sistem android, aplikasi ini biasanya sebagai pusat pengelolaan output file-file multimedia seperti foto, gambar, music, video, baik yang dibuat melalui kamera, perekam video, maupun yang dishare di media sosial.
Dengan adanya aplikasi galery ini pengguna dapat dengan mudah melihat atau menonton file-file multimedia yang terdapat di perangkat hp miliknya, sehingga pengguna tidak perlu mencari file-file tersebut. pokokny yang berkaitan dengan multimedia pengguna cukup menggunakan aplikasi galery saja untuk mengaksesnya.
Mengatasi sayangnya galeri telah berhenti / unfortunately gallery has stopped
Umumnya Aplikasi galery berfungsi dengan baik dan penggunaannyapun sangat mudah, namun terkadang suka terjadi error ketika membukanya, error tersebut biasanya terjadi hampir di semua merk hp, baik itu smartphone Samsung Galaxy, Smartfreen Andromax, Oppo, Sony Experia, Xiomi, Asus Zenfone, Lenovo, Advan, HTC, LG, Motorola, Vivo, dan lainnya, suka muncul error ketika pengguna membuka galery, akhirnya galery pun gagal dibuka dan keluar sendiri.
Ketika terjadi error maka biasanya akan muncul sebuah pesan kesalahan yang bertuliskan"sayangnya galery terlah berhenti atau  unfortunately gallery has stopped atau Force stop" dan ketika pesan kesalahan tersebut diklik, maka aplikasi galeripun tidak akan terbuka dan langsung keluar sendiri.
Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa aplikasi galeri di hp android yang anda gunakan tidak bisa terbuka, biasanya dikarenakan file yang ingin dibuka memiliki kapasitas besar, tidak support, atau bisa juga disebabkan oleh memory internal hp yang sudah sangat penuh atau juga karena penggunaan RAM yang terlalu banyak.
Lalu bagaimana cara mengatasinya ?,
Karena banyak yang mengalami permasalahan aplikasi galeri android tidak bisa dibuka, maka di artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Cara ampuh mengatasi error galeri android tidak bisa dibuka (sayangnya galery terlah berhenti / unfortunately gallery has stopped / Force stop)

Berikut adalah cara-cara yang bisa anda coba untuk mengatasi error pada aplikasi galery android yang tidak bisa dibuka:

Cara ke #1 : Restart hp anda

Cara pertama yang dapat anda tempuh ketika galery tidak bisa dibuka alias error adalah melakukan restart hp, silahkan anda restart, lalu coba buka kembali aplikasi gallery di hp android anda.

Jika cara pertama tidak berhasil anda bisa menempuh cara ke dua di bawah

Cara ke #2 : Hapus Cache dan Data Aplikasi galery

Cara yang pertama yang dapat anda coba adalah melakukan penghapusan data cache pada aplikasi gallery, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke halaman settings/setelan / pengaturan

2. Pada halaman pengaturan cari menu Instaled Apps / App terinstal.

3. Di halaman app terinstal, silahkan cari data aplikasi dengan tulisan Gallery

4. Silahkan klik pada data instalasi Gallery tersebut > kemudian tekan saja tombol paksa berhentiClear data dan Clear cache

5. Silahkan restart hp android anda untuk melihat hasilnya.

Cara ke #3 : Pindahkan file media

Cara ke 3 yang dapat anda tempuh adalah, coba anda pindahkan data-data seperti foto, video music atau gambar yang terdapat di hp anda terutama gambar foto atau video ke komputer atau ke sd card.
Setelah itu restart hp anda, kemudian coba buka aplikasi galery.Cara ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa mungkin saja penyebab galery tidak bisa dibuka karena hp anda kapasitasnya terlalu penuh atau memory anda terlalu sibuk karena banyak aplikasi yang aktif di latar belakang.

Cara ke #4: Lakukan unroot

Cara berikutnya yang dapat anda tempuh untuk memperbaiki error galery tidak bisa dibuka adalah dengan cara melakukan unroot pada perangkat android anda.

Ini perlu anda coba lakukan jika kejadian error setelah anda melakukan root perangkat, oleh karena itu silahkan coba unroot kembali perangkat anda, lalu lihat hasilnya.

Cara ke #5 : Factory reset

Jika saja masih membandel, maka anda bisa mencoba melakukan factory reset, agar perangkat kembali ke pengaturan pabrik sehingga kondisinya akan kembali seperti ketika menggunakan pertama kali.Sebelum melakukan cara ini pastikan anda sudah membackup semua data android yang anda anggap penting, baik di Internal Card dan Eksternal Card (Micro SD). Untuk melakukan factory riset, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.
Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.


Di beberapa merk hp mungkin saja menu nya berbeda, pokoknya cari saja di pengaturan.

Untuk pengguna xiaomi cara melakukan factory reset langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Buka menu setelan /settings > additional settings  > Backup & Reset > Factory data reset > kemudian tekan tombol Reset phone.

Cara ke #6 : Flash Ulang android anda

Jika ke 4 cara di atas masih tidak membuahkan hasil dan belum bisa memperbaiki aplikasi galery, langakah terakhir yang bisa anda upayakan adalah melakuka flash ulang (instal ulang) perangkat android anda.

Cara ini memang ribet dan sedikit memakan waktu serta perlu pengalaman, anda bisa mencobanya sendiri atau meminta bantuan teman yang sudah punya pengalaman atau bawa ke service center terdekat, karena jika salah hp anda bisa saja bootloop atau softbreak stuck logo dan tidak mau masuk ke halaman utama.

Dengan cara ini permasalahan biasanya akan teratasi, tapi jangan lupa sebelum melakukan flashing, data pada perangkat android anda di backup dulu, untuk menghindari kehilangan.

Dengan salah satu cara di atas seharusnya permasalahan pada aplikasi galery yang tidak bisa dibuka bisa terselesaikan.

Jika Error Galery tidak bisa dibuka karena tidak memiliki IZIN

Error yang kedua yang menyebabkan apliksi galeri android tidak bisa dibuka adalah munculnya pesan galery ditutup karena tidak memiliki izin.

Untuk anda yang mengalami kasus seperti ini, cara untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut:
  • Masuk Settings >> Instaled Apps >> pilih bar yang All 
  • Kemudian cari Gallery dan masuk.
  • Pilih clear data dan clear cache, kemudian Force stop.
  • Setelah selesai kembali layar utama (Home).
  • Pastikan Gallery tidak berjalan, untuk memastikan tahan tombol home agak lama kemudian akan muncul list program yang sedang berjalan. Jika ada Gallery “buanglah” terlebih dahulu.
  • Jika sudah jalankan Gallery, diawal akan ditanyai untuk memberikan izin. Jangan lupa untuk memberikan izin dan selesailah sudah.

Jika ada yang memakai Bahasa Indonesia dan kebingungan dengan petunjuk diatas bisa mengikut dibawah ini:
  • Masuk Pengaturan >> Aplikasi >> pilih bar Semua.
  • Cari galeri dan masuk.
  • Pilih hapus data dan hapus cache, kemudian Hentikan paksa.
  • Langkah berikutnya sesuai dengan di atas.

Seharusnya dengan langkah ini maka Gallery akan bisa terbuka dengan normal, selamat mencoba.

Itulah artikel singkat tentang Cara ampuh mengatasi error galeri android tidak bisa dibuka (sayangnya galery terlah berhenti / unfortunately gallery has stopped), semoga membantu.


EmoticonEmoticon