Kenali Ciri - Ciri Touchscreen Rusak Pada Hp Layar Sentuh

Blogiseng.web.id - Touchscreen error - Seperti apakah ciri ciri touchscreen hp layar sentuh rusak ? Menjadi suatu hal yang wajar jika kita akan kebingungan ketika menghadapi masalah layar sentuh hp android rusak dimana touchscreen error tidak bisa disentuh atau tidak berfungsi sebagian maupun sama sekali tidak berfungsi jika di tekan. Hal ini dikarenakan harga touchscreen memang terbilang tidak murah jika dibandingkan komponen lainnya pada sebuah smartphone yang mengalami kerusakan. Namun untuk mengatasi lcd hp yang rusak atau tidak tersebut tidak harus dengan mengganti lcd yang notabene memiliki biaya ganti touchscreen yang terbilang mahal.
Akan tetapi sebelum kita mencoba memperbaiki lcd hp yang blank jika di sentuh tersebut alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui penyebab touchscreen tidak berfungsi sebagian terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya kita tidak salah mengambil langkah dalam mengatasi layar sentuh ponsel android yang rusak tersebut. Semua itu dikarenakan terdapat perbedaan antara kerusakan lcd dengan touchscreen smartphone android, lantas seperti apakah tanda - tanda touchscreen hp rusak tersebut ? Perlu untuk kita ketahui pada dasarnya layar hp android yang rusak seperti tidak bisa di sentuh tersebut hanya memiliki dua penyebab, yaitu karena kerusakan pada software ataupun dari hardware ponsel itu sendiri.
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Smartphone Solution akan mencoba memberikan tips agar kita mengerti akan cara mengetahui layar lcd hp android yang rusak. Dengan harapan kita bisa memahami dan memperbaiki layar sentuh tidak merespon sendiri jika penyebab layar sentuh yang error tersebut berasal dari kerusakan software. Namun jika touchscreen ponsel android yang error tersebut dikarenakan layar yang pecah ataupun terkena air kita sudah bisa mengecek kerusakan layar hp tersebut dan dapat memutuskan untuk mengganti layar sentuh hp yang rusak tersebut.



Baca Juga:

5 Tips memperbaiki layar iphone error bergerak sendiri dan tidak merespon sentuhan

 


Kenali Ciri - Ciri Touchscreen Rusak Pada Hp Android

ciri ciri touchscreen hp android rusak

Sebenarnya untuk mengecek layar lcd yang rusak pada hp android tidaklah terlalu sulit, kita hanya perlu memastikan touchscreen ponsel android yang error tersebut mengalami pecah pada layar lcdnya atau tidak. Jika smartphone yang kita miliki memiliki jenis layar lcd yang menyatu dengan touchscreen seperti tipe amoled, dapat dipastikan jika lcd dari android tersebut pecah atau retak pasti akan mengalami masalah layar sentuh error tidak berfungsi sebagian.
Namun apabila ponsel android yang kita miliki masih mempunyai tipe lcd yang terpisah dengan layar sentuhnya, ada kemungkinan jika mengalami pecah atau retak layar lcd tidak akan mengalami touchscreen android error. Agar lebih jelasnya untuk mengetahui touchscreen hp rusak tidak berfungsi, mari kita lihat cara mengetahui ciri - ciri layar sentuh hp android yang error tersebut sebagai berikut :

Ciri ciri lcd hp android rusak


1. Touchscreen Sama Sekali Tidak Berfungsi Namun Layar LCD Tidak PecahApabila kita mengalami touchscreen tidak berfungsi pada smartphone android yang kita miliki setelah ponsel tersebut terjatuh namun kondisi layar tidak pecah atau rusak, kita tidak perlu untuk cepat - cepat mengambil langkah buat mengganti touchscreen android yang rusak tersebut. Kita perlu memastikan kerusakannya terlebih dahulu, yaitu dengan cara melakukan kalibrasi touchscreen ataupun hard reset. Hal ini bertujuan untuk mengatasi layar sentuh tidak merespon karena adanya kerusakan software, akan tetapi jika langkah tersebut belum dapat mengatasi layar sentuh yang error mungkin kita perlu melakukan flashing.
Jika dengan langkah tersebut ternyata masih saja layar sentuh hp android tidak berfungsi sama sekali jika disentuh maka dapat dipastikan jika penyebab touchscreen hp android yang kita miliki tersebut mengalami kerusakan pada hardwarenya. Meskipun layar lcd tidak pecah ataupun retak namun tidak dapat bekerja dengan normal bisa jadi terdapat kabel touchscreen tidak terhubung dengan baik. Untuk memperbaiknya mau tidak mau kita harus membongkar smartphone android tersebut.

2. Touchscreen Pecah dan Sebagian Tidak Berfungsi
Jika kita mengalami masalah layar sentuh hp android tidak merespon jika kita sentuh pada bagian - bagian tertentu dengan kondisi lcd yang pecah atau retak pada smartphone tersebut maka kemungkinan terbesar dari penyebab layar sentuh tidak berfungsi sebagian yang kita alami adalah karena kerusakan hardware. Hal ini dapat dilihat dari kondisi layar lcd hp yang pecah sehingga membuat ponsel bergerak liar ataupun tidak bisa disentuh. Maka langkah terbaik untuk mengatasi touchscreen ponsel android yang error adalah dengan mengganti touchscreen hp yang rusak tersebut.
Mungkin untuk saat ini harga touchscreen hp android yang menyatu dengan layar lcd berada di kisaran 175 ribu sampai 250 ribuan. Jadi jika kita akan mencoba mengganti layar sentuh hp android yang rusak tersebut pada tukang service maka kisaran biaya untuk mengganti touchscreen android yang kita miliki itu sekitar 400rb sampai 500rb. 

3. Touchscreen Mati Sebagian
Pernahkah anda mengalami touchscreen hp android tidak berfungsi sebagian ? Terkadang jika kita mengalami masalah tersebut, kita akan terlalu cepat untuk memutuskan buat melakukan penggantian touchscreen android itu sendiri meskipun kita mengetahui harga touchcreen hp yang tidak murah. Namun jika kita mengalami masalah layar sentuh tidak berfungsi sebagian tersebut dan pada layar lcd ponsel yang kita miliki kita pasangkan sebuah temperglass maka cobalah untuk melepas tempred glass tersebut terlebih dahulu. Terkadang temper glass dapat membuat fungsi layar sentuh tidak dapat bekerja dengan baik jika kondisinya retak atau pecah.

4. Touchscreen Meleset
Terkadang ketika kita menyentuh layar sentuh pada bagian tertentu justru malah yang kena pada bagian sebelah - sebelahnya, misal kita menekan keyboard pada huruf "a" malah yang tertekan huruf "s" maka dapat dipastikan tuchscreen meleset tersebut disebabkan karena kerusakan software. Jika terjadi toychscreen meleset seperti itu, biasanya terjadi setelah kita melakukan flashing yang menggunakan firmware yang file - file didalamnya sudah mengalami kerusakan.
Oleh karena itu untuk mengatasi layar sentuh tidak berfungsi tersebut kita dapat mengembalikan smartphone android yang kita miliki kembali pada pengaturan awal seperti sebelumnya. 

5. Touchscreen Tidak Berfungsi Untuk Fitur Tertentu
Apabila masalah yang terjadi disini adalah layar sentuh hp android kurang merespon atau tidak berfungsi pada bagian tertentu kita dapat melakukan pengecekan kerusakan hardware pada layar lcd hp android dengan melakukan kode dial dengan mengetikan nomer "*#0*# atau *#*#0*#*# atau *#*#0*#*#*". Apabila tidak terdapat kerusakan pada layar sentuh hp android yang kita miliki maka terdapat kemungkinan kerusakan software adalah penyebab utamanya. Untuk itu maka tidak ada salahnya jika kita melakukan kalibrasi toucscreen pada smartphone android yang kita miliki tersebut.

6. Touchscreen Bergerak - Gerak Sendiri
Sering kali masalah touchscreen hp android gerak - gerak sendiri terjadi ketika kita melakukan charging atau mengecas hp android yang kita miliki tersebut. Sumber masalah utama dari permasalahan tersebut sering kali disebabkan oleh kondisi charger yang tidak sesuai atau tidak bagus yang membuat arus yang masuk ketika pengisian baterai menjadi tidak stabil. Atau untuk lebih jelasnya kita dapat melihat tutorial selengkapnya mengenai cara mengatasi touchscreem hp android gerak - gerak sendiri disini.
Kesimpulan
Ketika kita mengalami masalah touchscreen tidak berfungsi atau hanya fungsi sebagian pada ponsel android atau handphone layar sentuh yang kita miliki, sumber penyebab utamanya berasal dari kerusakan software ataupun harware (biasanya touchscreen itu sendiri yang rusak). Oleh karena itu coba lakukan terlebih dahulu metode hard reset atau flash sebelum memutusakan membongkar HP untuk mengganti touchscreen atau layar sentuh ponsel android tersebut.

Demikian artikel kali ini yang dapat kami sampaikan pada pertemuan yang membahas mengenai tentang cara mengetahui touchscreen yang rusak pada handphone android. Semoga postingan diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

Post a Comment for "Kenali Ciri - Ciri Touchscreen Rusak Pada Hp Layar Sentuh"