Trik ampuh mengaktifkan (lock) sinyal 4G Lte di HP Asus zenfone

Blogiseng.web.id - Seiring dengan ditemukannya teknologi 4G, teknologi ponsel pun ikut mengapresiasi dengan banyaknya merk-merk ponsel yang didukung dengan perangkat 4G, perangkat 4G memang terbukti lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi jaringan sebelumnya yakni 3G dan 2G or HSDPA, salah satu merk hp yang sudah mendukung jaringan 4G adalah merk hp yang dikeluarkan oleh asus zenfone untuk versi terbaru, salah satunya asus zenfone max 3.
Tapi walaupun HP sudah mendukung 4G agar hp dapat menggunakan 4G, maka jaringan yang terdapat disekitar hp harus sudah ada jaringan 4G dan kartu yang digunakanpun harus sudah mendukung 4G, jika semuanya terpenuhi maka seharusnya hp bisa mengakses jaringan 4G dengan sangat baik.
Namun sayangnya tidak demikian, ada banyak pengguna, walaupun menggunakan hp support 4G, di area yang digunakan jaringan 4G sudah tersedia dan kartu ponsel pun sudah support 4G, tapi pada kenyataannya perangkat smartphone yang digunakannya belum bisa menikmati akses jaringan 4G.
cara lock mengaktifkan sinyal 4g lte di asus zenfone
Ada banyak penyebab kenapa hp yang sudah support 4G tapi belum bisa mengakses jaringan 4G, jika jaringan 4G sudah ada dan kartu sudah menggunakan 4G, maka kemungkinan besar fitur 4G di hp yang digunakan dalam keadaan terkunci, atau ada pengaturan yang salah di perangkat yang digunakannya.
Akses 4G yang bermasalah ini, banyak dialami oleh pengguna asus zenfone, padahal smartphone yang digunakan sudah support 4G, mereka kebanyakan tidak tau solusinya bagaimana cara membuat hp asus zenfone miliknya agar bisa mengakses 4G.
Oleh karena itu di artikel kali ini saya akan uraikan bagaimana cara mengaktifkan jaringan 4G khusus untuk smartphone atau hp merk asus zenfone, agar hp bisa menggunakan jaringan 4G dengan baik.

Cara mengaktifkan 4G Lte di HP Asus zenfone

Berikut akan saya uraikan bagaimana agar hp asus zenfone yang anda miliki bisa menggunakan jaringan 4G, yang sebelumnya hanya dapat mendeteksi 3G atau HSDPA (H+) saja, kemungkinan besar ada pengaturan yang salah di hp yang anda gunakan.

Syarat

Sebelum melakukan konfigurasi pastikan syarat berikut terpenuhi:
  • Versi hp asus zenfone yang anda gunakan sudah support 4G, salah satu merk hp asus zenfone yang sudah support 4G LTE adalah asus zenfone max 3. jika belum support 4G jangan harap bisa mengakses 4G walaupun kartu yang digunakan sudah 4G.
  • Pastikan di sekitar hp digunakan sudah terdapat sinyal 4G, jaringan 4G dapat diakses jika disekitar hp digunakan sudah terdapat sinyal 4G, jika belum biasanya jaringan akan kembali ke 3G atau HSDPA.
  • Pastikan kartu yang anda gunakan sudah support 4G, beberapa kartu ponsel yang sudah support 4G diantaranya adalah 3, axis, dll.

Konfigurasi Jaringan 

Setelah persyaratan di atas terpenuhi, maka untuk mengaktifkan jaringan 4G pada perangkat hp asus zenfone anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:1.  Pastikan kartu 4G di letakan di slot 1, jika di slot 2 silahkan pindahkan dulu, karena pengaturan di asus zenfone untuk 4G ini hanya untuk slot 1 saja, jadi kartu untuk internetan 4G harus diletakan di slot 1.
2. Silahkan aktifkan hp asus zenfone anda.
3. Buka panggilan telepon, lalu tekan tombol  *#*#4636#*#*, ketika karakter * yang terakhir ditekan, maka ponsel anda akan masuk ke mode halaman testing, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
halaman testing asus zenfone 

3. Pilih Device information, akan keluar tampilan seperti gambar di bawah ini:

device information asus zenfone


4. Scroll sedikit ke bawah, tepat di pilihan Set preferred network type, silahkan anda pilih pilihan yang mengandung kata LTE, untuk 4G yang bisa anda pilih:
  • Lte only, ini bisa anda pilih jika sinyal jaringan 4G di hp anda bagus, tapi dengan memilih 4G lte only, kartu hanya bisa digunakan untuk internetan saja, kartu tidak akan bisa menerima SMS atau panggilan telepon. jadi pastikan kartu yang anda gunakan hanya untuk internetan saja jika memilih pilihan ini.
  • Lte /WCDMA, pilihan ini cocok jika sinyal 4G ditempat anda turun naik, ketika 4G sedang jelek maka sinyal akan otomatis berpindah ke H+ (HSDPA)
  • Lte / GSM /CDMA auto (PRL), sama dengan Lte/Wcdma namun ada tambahan gsm.
  • WCDMA Only ini khusus untuk HSDPA +.
Agar perangkat dapat menangkap 4G maka pilih saja yang mengandung LTE, sangat rekomendasi LTE/WCDMA.Sampai tahap di atas ketika selesai memilih network type, jarignan untuk kartu slot 1 biasanya akan terputus dan akan muncul kembali dengan jaringan 4G.

Kenapa di hp saya tidak bisa memilih pilihan set preferred network type ? 

Ada kalanya untuk beberapa perangkat asus zenfone, ketika memilih pilihan tersebut, pilihan selalu kembali ke pilihan awal alias tidak bisa diubah. jika ini terjadi pada perangkat anda, maka anda bisa mencoba cara berikut:1. Setelah anda masuk ke halaman device information seperti gambar di bawah ini:
device information asus zenfone
Jangan dulu dipilih, karena akan kembali lagi ke semula.
2. Sekarang masuk ke mode pesawat, atau cabut atau buka slot simcard hp asus zenfone anda, silahkan gunakan kunci pembukanya.
3. setelah kartu dalam keadaan terbuka, nonaktifkan mode pesawat, silahkan pilih pilihan pada set preferred network type: pilih Lte only atau lte/wcdma.
4. Masih di halaman yang sama, sekarang masukan lagi slot simcard hp asus zenfone anda, jika berhasil maka perangkat pun akan bisa menangkap sinyal 4G.
Cara pengaturan di atas sayangnya untuk beberapa perangkat sifatnya tidak permanen, jadi ketika hp asus zenfone anda di restart, maka pengaturan akan kembali ke sebelumnya, jadi setiap kali anda restart hp, maka silahkan lakukan pengaturan tersebut. ya syukur-syukur di hp anda pengaturan di atas bersifat permanen.
Jika sinyal 4G di hp anda lemah, maka biasanya perangkat akan kembali ke jaringan 3G atau HSDPA +, itu normal.karena biasanya perangkat akan memprioritaskan jaringan yang paling kuat di sekitar hp digunakan.
Itulah artikel singkat mengenai Trik ampuh mengaktifkan (lock) sinyal 4G Lte di HP Asus zenfone, semoga pengaturan di atas berhasil di gunakan di perangkat asus zenfone anda, sehingga asus zenfone yang anda gunakan bisa menikmati jaringan 4G yang kecepatannya diatas 3G dan hsdpa+. semoga membantu.

 
Backlink:

Post a Comment for "Trik ampuh mengaktifkan (lock) sinyal 4G Lte di HP Asus zenfone"