6 Tips Mengatasi suara telepon hp Xiaomi tidak terdengar oleh lawan bicara

Blogiseng.web.id - Fungsi penting dari sebuah hp apapun merk hp itu adalah telepon dan sms, meskipun kedua aktivitas tersebut  merupakan aktivitas yang saat ini sudah semakin banyak ditinggalkan bukanlah aktivitas yang tidak penting, karena  sms dan telepon sering menjadi alternatif terakhir yang dipilih untuk digunakan pada moment-moment tertentu.
Terkait dengan aktifitas sms dan telepon Ada beberapa permasalahan yang banyak dikeluhkan oleh pengguna hp android, salah satunya yaitu suara telepon tidak terdengar oleh lawan bicara padahal suara lawan bicara terdengar jelas.
Permasalahan tersebut salah satunya banyak di alami oleh pengguna hp android merk xiaomi, sehingga mereka tidak bisa menjalin komunikasi dengan baik menggunakan telepon.
Mengatasi suara telepon hp xiaomi tidak terdengar lawan bicara
Sebenarnya ada banyak penyebab kenapa hp xiaomi tidak terdengar suaranya oleh lawan bicara ketika melakukan panggilan telepon, bisa disebabkan oleh sistem xiaomi yang bermasalah, atau bisa juga karena masalah hardware yang sudah rusak atau konslet.
Setidaknya jika terjadi demikian, sebelum menyimpulkan kerusakan pada mic, si pengguna bisa melakukan beberapa tes sebelum dapat mengetahui penyebab sebenarnya, sehingga jika memang masalahnya kerusakan pada mic, maka pengguna bisa langsung memperbaikinya dengan memilih jasa perbaikan yang tepat.

Tips Mengatasi suara telepon hp Xiaomi tidak terdengar oleh lawan bicara

Jika anda kebetulan mengalami suara telepon dari hp xiaomi anda tidak bisa terdengar oleh lawan bicara, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

Langkah-langkah untuk mengatasi suara telepon hp xiaomi yang rusak yang bisa anda coba adalah sebagai berikut:

1. Ganti Simcard yang digunakan untuk menelepon dengan simcard dari provider lain. 

Karena bisa jadi penyebabnya adalah adanya gangguan jalur komunikasi telepon simcard yang bersangkutan.

Jika ini bisa mengatasi masalah pada hp xiaomi anda, bisa jadi penyebabnya memang gangguna pada jalur telekomunikasi simcard yang digunakan.

2. Copot Kartu Memory (SD Card) saat menelepon

Yang kedua yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah suara telepon hp xiaomi tidak terdengar oleh lawan bicara adalah mencopot sim card atau sd card yang terpasang.

Jika anda menggunakan sdcard pada hp xiaomi anda, silahkan coba copot dulu sd card (matikan hp anda, copot sim card lalu restart ulang.) yang anda gunakan, lalu coba gunakan lagi hp xiaomi anda untuk menelepon, beberapa kasus penyebab suara telepon tidak terdengar oleh lawan bicara dikarenakan sd card, sepertinya terjadi konslet pada slot sd card, atau sd card yang digunakan error.

3. Coba Gunakan Media sosial untuk melakukan panggilan telepon

Yang berikutnya yang bisa anda lakukan adalah, coba lakukan panggilan melalui medis sosial seperti BBM atau whats app, jika dengan cara tersebut suara telepon normal dan terdengar oleh lawan bicara, kemungkinan masalahnya bukan pada perangkat mic di hp xiaomi anda,  bisa jadi masalahnya ada bug pada sistem xiaomi anda.

Jika masalah tersebut terjadi setelah anda melakukan update, maka kemungkinan tidak terdengarnya suara oleh lawan bicara saat menelepon, karena ada bug pada sistem xiaomi anda, coba saja kembalikan pada versi sebelum update.

4. Coba gunakan headset pada saat melakukan panggilan.

Yang berikutnya silahkan coba gunakan headset pada saat menelepon, di perangkat headset biasanya dilengkapi dengan mic, jika dengan menggunakan headset suara telepon bisa terdengar oleh lawan bicara anda, bisa jadi permasalahnya ada pada perangkat mic hp xiaomi anda.

5. Gunakan Load Speaker pada saat menelepon

Pada saat menelepon, coba aktifkan speaker hp xiaomi anda dalam mode keras, jika pada mode ini suara terdengar kemungkinan permasalahannya bukan pada mic.

6. Lakukan Recording suara atau video

Coba lakukan recording atau merekam suara atau merekam video, kemudian amati, apakah pada rekaman atau video yang anda buat suaranya bisa kedengaran, jika suara masih bisa terdengar normal itu artinya mic hp anda masih ok, namun setelah melakukan perekaman suara maupun video suara tidak terdengar, kemungkinan besar permasalahannya pada mic hp xiaomi anda.

Solusi :

Jika dengan cara-cara di atas, suara dari hp xiaomi anda masih tidak dapat terdengar oleh lawan bicara anda, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah adanya kerusakan pada perangkat keras mic hp xiaomi anda.

Anda bisa mencoba untuk memperbaikinya di service center terpercaya, atau di jasa-jasa perbaikan yang sudah berpengalaman untuk mengganti perangkat mic hp xiaomi anda dengan yang baru.

Namun jika dengan melakukan cara-cara di atas suara berhasil didengar oleh lawan bicara kemungkinan penyebabnya adalah sistem xiaomi anda, kemungkinan ada aplikasi atau software yang crash dengan panggilan telepon yang menyebabkan suara anda tidak terdengar oleh lawan bicara.

Solusinya adalah mencoba melakukan factory reset hp xiaomi anda, atau mengembalikan sistem xiaomi anda ke versi sebelum update jika permasalahan tersebut terjadi setelah anda melakukan update pada sistem xiaomi, atau anda juga bisa mengoprek sistem xiaomi dengan cara-cara tertentu dalam keadaan hp sudah di root (silahkan cari tutorialnya di google walaupun tidak recomended) .

Semoga uraian mengenai Tips Mengatasi suara telepon hp Xiaomi tidak terdengar oleh lawan bicara di atas bermanfaat untuk anda.

Post a Comment for "6 Tips Mengatasi suara telepon hp Xiaomi tidak terdengar oleh lawan bicara"