Contoh Pidato Masa Orientasi Siswa


Kumpulan Contoh Pidato - Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.
Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
 

Fungsi pidato

  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.
Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

1. Contoh Pidato Pembukaan Masa Orientasi Siswa (Sambutan)

a. Contoh untuk Panitia;

Assalamu alaikum wr., wb.,
Terima kasih saya ucapkan kepada Pembawa Acara yang telah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan sambutan sepatah dua patah kata dalam kegiatan pembukaan MOS ini.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kepala sekolah yang telah mempercayakan tugas kepanitiaan MOS ini kepada kami.

Selamat datang anak-anakku sekalian yang kami cintai. Pada hari ini kamu sekalian dikumpulkan di sekolah untuk mengikuti kegiatan MOS selama 3 hari ke depan.

Kami sangat senang, kamu sekalian bisa hadir pada pagi ini untuk mengikuti serangkaian kegiatan MOS yang sudah diprogramkan oleh kami selaku panitia pelaksana kegiatan.

Untuk itu, kami mengucapkan selamat datang dan selamat mengikuti kegiatan ini dengan penuh tanggung jawab dan keseriusan dalam menjalaninya.

Akhir kata: Selamat bergabung di sekolah tercinta kita ini.

Wassalamu alaikum wr., wb..



b. Contoh untuk Kepala Sekolah;

Assalamu alaikum wr., wb.,

Pertama, segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam.
Semua ciptaan-Nya yang ada di langit dan di bumi adalah bukti dari Kebesaran-Nya. Untuk itu, kita panjatkan puji serta syukur atas nikmat yang telah diberikan.

Salawat dan keselamatan selalu tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW (Sallallahu Alaihi Wasallam). Semoga kita juga mendapatkan "cipratan" keselamatan dari Beliau. Amin..

Alhamdulillah pada hari ini kita bisa berkumpul di sini untuk melaksanakan salah satu program sekolah, yakni kegiatan masa orientasi siswa. Yang mana dalam kegiatan ini anak-anakku siswa baru tahun ajaran sekarang akan dibina, diperkenalkan pada lingkungan sekolah, sehingga kamu sekalian akan lebih mengenal seluk beluk sekolah kita ini, mulai dari guru-guru yang mengajar di sini hingga kegiatan siswa yang ada.

Tidak banyak yang bisa Bapak sampaikan. Selamat mengikuti kegiatan MOS dengan niat yang sungguh-sungguh.

Atas nama sekolah, sampaikan ucapan salam dan terima kasih kepada orangtuamu di rumah.

2. Contoh Pidato Penutupan Masa Orientasi Siswa

a. Contoh untuk Panitia;

Alhamdulillah, kegiatan MOS selama 3 hari telah selesai kita laksanakan. Dengan berakhirnya kegiatan ini, saya berdiri dan berbicara di sini hanya untuk menyampaikan laporan kepada Bapak Kepala sekolah terkait pelaksanaan kegiatan ini dari awal hingga selesai.

Bapak Kepala sekolah yang kami hormati.

Selama 3 hari kegiatan ini berlangsung, alhamdulillah semua berjalan sesuai program kerja yang telah kami tetapkan di awal. Kegiatan MOS pada tahun ajaran ini diikuti oleh 438 orang siswa. Semua terlaksana dengan baik.

Sekian laporan yang dapat kami sampaikan pada acara penutupan ini.

Sekian dan terima kasih. 


b. Contoh untuk Kepala Sekolah;

Alhamdulillah,
Kegiatan masa orientasi siswa tahun ajaran ini telah selesai dilaksanakan. Bagi anak-anakku (siswa-siswi) yang kami banggakan, selamat menempuh proses belajar di sekolah ini.
Ingat, bahwa tujuan utama kita adalah untuk belajar. Oleh karena itu, selamat belajar dan menempuh pendidikan baru.

Untuk mengesahkan penutupan MOS ini, di acara penutupan nanti, kami akan menyematkan penghargaan kepada siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan tersebut. Ini hanya sebagai simbolis untuk menutup kegiatan ini.

Hanya itu yang bisa kami sampaikan.

Selamat bertemu dan belajar dengan guru di kelas-nya masing-masing.

Dengan ini kami nyatakan, bahwa kegiatan masa orientasi siswa kami tutup.


Demikianlah Contoh Pidato Masa Orientasi Siswa yang bisa disampaikan. Semoga contoh tersebut bermanfaat bagi kita semua, khususnya untuk Guru.



Mungkin Yang Kamu Cari:

     

Post a Comment for "Contoh Pidato Masa Orientasi Siswa "