Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang Kartu 3 Three

Siapa yang tidak jengkel jika HP kehilangan jaringan yang mengakibatkan terputuskan komunikasi yang sedang berlangsung. Agar tidak terjadi hal yang serupa kita harus tahu bagaimana solusi cara mengatasi sinyal HP yang hilang secara tiba-tiba tersebut. Sebelum kita melanjutkan pembahasan bagaimana cara memperbaiki sinyal HP yang sering hilang, ada baiknya kita mengetahui apa penyebab HP tidak ada sinyal.
 
 
Baca Juga:
-Cara Mudah Install BBM di PC Tanpa Bluestack dan Tanpa Ribet

Terdapat beberapa faktor penyebab sinyal HP hilang secara mendadak, agar lebih mudah memahaminya saya akan uraikan beberapa faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut:
  1. Sinyal memang tidak tersedia di daerah anda - Coba anda cek dengan baik, apakah disekitar area tempat anda berdiri ada tower sinyal. Jika di daerah tersebut sama sekali tidak ada tower sinyal maka dapat dipastikan bahwa wilayah itu memang minim sinyal sehingga wajar jika sinyal HP tiba-tiba hilang.
  2. HP Anda Sedang Error -Apakah HP kesayangan anda pernah terjatuh? Jika memang pernah maka bisa jadi ponsel anda mengalami error sehingga daya tangkap sinyal menjadi berkurang secara drastis. Hal itu disebabkan karena kuningan penangkap sinyal bergesar akibat getaran saat terjatuh.
  3.  Perubahan Pada Pengaturan Jaringan-Jika anda mengatur HP saat berada di wilayah perkotaan ke mode sinyal 3G only demi mempercepat koneksi internet, maka smartphone anda hanya akan menangkap sinyal 3G saja sehingga sulit untuk mendeteksi jaringan biasa. Untuk mengubahnya ke semula silahkan pergi ke menu Pengaturan => Jaringan Seluler => Pilih Mode Jaringan “WSDMA/GSM (sambungan otomatis”.
  4.  Sinyal Tidak Konsisten-Sinyal HP hilang timbul bisa jadi karena jaringan lagi naik-turun alias tidak konsisten. Hal ini disebabkan oleh layanan operator jaringan yang anda gunakan sedang gangguan ada da masalah lain pada program mereka sehingga berdampak pada penyebaran sinyal yang tidak merata.
  5. Faktor Cuaca-Cuaca juga mempengaruhi kuat atau lemahnya sinyal HP anda. Jika cuaca sedang hujan lebat disertai angin kencang dan petir maka sangat mempengaruhi penangkapan sinyal pada HP. Sebaiknya saat cuaca tidak mendukung hindari menggunakan HP (mstiksn HP) demi keamanan anda.
  6. Terjadi Kerusakan pada Hardware-Jika HP yang anda miliki pernah masuk ke dalam air, bisa jadi alat penangkap sinyal di HP anda rusak karena alat itu tidak kedap air maka ada komponen yang berkarat. Kerusakan pada hardware inilah yang membuat sinyal HP silang alias tidak ada sinyal.
  7. Kerusakan pada Software-Mungkin anda pernah update software? Jika iya, beberapa software yang kita update mungkin mengalami bugs. Jika sebelum update software HP berada dalam keadaan sinyal yang baik-baik saja namun setelah update justru bermasalah maka sebaiknya lakukan downgrade lagi.
  8. Terdapat Aplikasi Pihak Ketiga Yang Bermasalah-Sinyal bisa dipengaruhi oleh aplikasi pihak ketiga yang sudah anda install. Aplikasi tersebut mungkin membatasi kekuatan sinyal karena beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga tidak sesuai dengan perangkat anda.
  9. Ada Perbaikan Sinyal Oleh Operator-Operator kemungkinan sedang membenahi system atau tower mereka karena ada suatu masalah atau penambahan fitur baru. Untuk memperbaiki atau menambahkan fitur baru tersebut maka demi keamanan listrik akan dimatikan sementara waktu pada sistem atau tower itu.

Penyebab sinyal HP lemah atau hilang di atas hanya beberapa saja, sebenarnya masih masih banyak faktor lainnya yang mempengaruhi. Lalu bagaimana cara mengatasi sinyal HP hilang tersebut? Silahkan anda baca solusi yang saya berikan di bawah ini yang bisa anda gunakan sebagai referensi.
 
Mengganti Acces Point Name (APN)
Penyebab sinyal hilang kartu 3 tri, mungkin saja karena APN tidak sesuai atau APN belum di atur, maka dari itu silahkan anda buat APN baru dengan cara masuk ke Pengaturan kemudian klik Nirkabel dan Jaringan pilih Jaringan seluler setelah itu klik Nama Poin Akses dan klik APN Baru.
Apn kartu 3 3g dan 4g
  • Profile Name : Silahkan isi nama bebas
  • APN : 3data
  • Username : 3data
  • Password : 3data
Masuk Pada Mode Penerbangan
Restart Sinyal, silahkan anda aktifkan dulu mode penerbangan hingga beberapa menit. Setelah itu silahkan anda aktifkan kembali data seluler anda, Hal ini dilakukan guna merefresh sinyal kartu tri yang hilang sehingga pulih kembali saat data seluler di aktifkan.

Periksa Kartu 3

Mungkin saja kartu tri anda tidak terbaca oleh perangkat smartphone anda, maka dari itu silahkan cek kartu tri-nya dengan cara mengeluarkan kartu tri beberapa saat dan kemudian masukan lagi. Pastikan jika kartu tri anda sudah terpasang dan terdeteksi oleh perangkat smartphone anda.

Baca Juga:
-Cara Menghubungkan Stick PS3 ke Android
-Cara Mudah Memasukkan Anggota Baru Ke Dalam Grup Whatsapp Tanpa Izin Admin
-Cara Mudah Mengembalikan Layar Laptop ke Ukuran Semula

Mengubah Mode Penerimaan Jaringan
Pada dasarnya masing-masing smartphone telah mengusung koneksi jaringan internet tersendiri seperti 2G, 3G serta jaringan 4G LTE yang mana kekuatan sinyalnya juga berbeda. Contoh sinyal 3G memiliki kecepatan sinyal 900/2100 MHz, sedangkan daerah anda hanya encakup sinyal dengan kekuatan 850, 1800, dan 1900 MHz, hal ini yang membuat sinyal kartu tri sering hilang.
Untuk mengatasinya anda bisa mengganti mode penerimaan jaringan dengan masuk pada pengaturan, pilih wireles dan network, kemudian klik mobile network selanjutnya klik network mode.Silahkan anda pilih WCDMA Only atau HSDPA, GSM Only, maupun WCDMA Prefered.

Search Populer
  • sinyal hp hilang total
  • sinyal hp hilang setelah jatuh
  • sinyal android hilang setelah flash
  • sinyal hp lemah
  • sinyal 3 sering hilang
  • cara mengembalikan jaringan 3g yang hilang
  • cara memperbaiki ic sinyal android
  • sinyal telkomsel hilang pada android
 

Post a Comment for "Cara Mudah Mengatasi Sinyal Hilang Kartu 3 Three"