Cara Mengatasi Layar Sentuh Bergerak Sendiri

Cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri adalah hal yang paling banyak dicari jika ponsel anda mendapati layar ponsel anda beroperasi sendiri tanpa disentuh. Hal ini tentu mengganggu setiap pengguna ponsel yang mengalaminya. Karena selain membuat pengguna ponsel tersebut tidak nyaman, tentu saja akan mengganggu kinerja ponsel itu sendiri.Hal semacam ini sering juga disebut sebagai ghost touch. Perlu diingat bahwa ghost touch ini tidak hanya terjadi pada smartphone android dari merk yang kurang terkenal, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada ponsel bermerk yang populer sekalipun.

Baca Juga:


Nah dibawah ini adalah penyebab dan cara mengatasi layar android yang bergerak sendiri.


1. Reboot atau restart Hp

Jika Hp android, iOS atau Windows phone mengalami ghost touch atau bergerak sendiri, langkah pertama silahkan anda lakukan reboot atau restart dulu. Hal ini di lakukan untuk menstabilkan kinerja hp tersebut.

2. Chargernya Rusak

Biasanya ketika anda mengecas Hp, layar tersebut bergerak sendiri, bisa dipastikan jika permasalahan pada charger, tapi sebelum itu anda coba gunakan charger untuk hp serupa lainya, untuk memastikan. Jika memang benar masalah pada charger, silahkan anda beli charger original yang kualitasnya sudah teruji.

3. Layar atau LCD rusak

Jika masih tetap ghost touch, silahkan anda cek layar atau LCD smartphone anda. Kemungkinan layar tersebut terkena percikan air, meskipun sedikit air akan merembes pada bagian dalam ponsel sehingga terjadilah ghost touch. Untuk mengatasinya dengan mengganti layar LCD.

4. Pelindung layar/Screen Guard/Screen Protektor kotor

Cek juga dibagian pelindung layar, biasanya screen guard atau screen protektor tersebut kotor, dengan begitu layar akan bergerak dengan sendirinya atau ghost touch. Untuk mengatasinya silahkan anda ganti pelindung layar yang baru.
 

5. Baterai rusak atau baterai kehabisan daya

Saat baterai habis, layar sentuh bergerak sendiri, maka yang bermasalah baterai yang habis atau kehabisan daya. Untuk mengatasinya silahkan anda lakukan charger sampai penuh. Bila masih ghost touch, cek baterainya, bila baterai rusak atau menggelembung, ganti saja dengan yang baru
 

6. Kondisi layar sedang panas

Pada dasarnya touchscreen juga memiliki batasan-batasan dalam mengaksesnya. Selebihnya touchscreen akan panas dan terjadilah ghost touch. Untuk mengatasinya, silahkan anda keluarkan aplikasi – aplikasi yang sedang di gunakan serta biarkan hp anda istirahat agar dapat kembali normal.
 

7. Bugs pada Rom/software

Ghost touch, bisa saja di sebabkan oleh bugs di Rom maupun software, untuk mengatasinya adalah dengan Upgrade romnya ke rom yang terbaru dan sesuai dengan perangkat smartphone anda atau bisa dengan melakukan factory data reset.
 

8. Cpu dan Ram bekerja secara berlebihan

Bila RAM dan prosesor bekerja secara terus menerus atau bekerja berlebihan, kemungkinan akan terjadi ghost touch. Untuk mengatasinya adalah dengan cara mengurangi multitasking dan jangan buka aplikasi berlebihan.
 
 
Search Populer
  • layar iphone gerak sendiri
  • cara mengatasi touchscreen mencet sendiri
  • cara mengatasi ghost touch asus zenfone 2
  • cara kalibrasi touchscreen android
  • cara mengatasi touchscreen error saat charge pada hp android
  • memperbaiki touchscreen android
  • ghost touch screen fix
  • kalibrasi layar iphone
 

1 comment for "Cara Mengatasi Layar Sentuh Bergerak Sendiri "